Syarat dan Prosedur Membuka Rekening BCA

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 6 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Syarat dokumen saat membuat rekening BCA dan cara membuka rekening melalui KlikBCA.
tirto.id - Membuka rekening BCA cukup mudah dan bisa dilakukan secara offline dan online. Bank Central Asia (BCA) adalah bank swasta nasional yang saat ini cukup diminati nasabah. Jumlah mesin ATM-nya banyak. Selain itu, BCA memiliki beragam fitur yang memberikan kemudahan bagi nasabah.

Misalnya, transaksi perbankan tidak hanya bisa dilakukan melalui teller bank atau ATM saja. Kini, BCA telah melengkapi layanannya dengan aplikasi BCA Mobile. Nasabah bisa cek saldo, transfer uang, melunasi tagihan, hingga membayar tagihan hanya dengan pencat-pencet ponsel pintar miliknya.

Terbaru, mobile banking milik BCA bisa pula melayani transaksi cardless atau tanpa kartu ATM. Fitur ini memungkin nasabah untuk menyetor atau mengambil uang di ATM tanpa perlu memasukkan kartu. Jadi kalau kartu ATM ketinggalan, nasabah masih dapat mengambil dan setor uang.

Semua kemudahan transaksi perbankan tersebut dengan mudah bisa diperoleh hanya dengan membuka rekening BCA. Produk tabungan BCA saat ini beragam. Namun produk yang paling populer bernama Tahapan.

Cara membuka rekening ini cukup mudah. Calon nasabah tinggal mengikuti langkah- langkah berikut ini:

    • Persiapkan semua dokumen yang menjadi syarat awal pembukaan rekening. Dokumen tersebut adalah KTP elektronik atau paspor, kartu NPWP, dan uang minimal Rp 500 ribu untuk setoran awal. Jika belum punya NPWP, sebagian kantor BCA tidak mempermasalahkannya.
    • Datangi kantor BCA terdekat dan temui bagian customer service (CS).
    • Isi formulir pendaftaran dan serahkan dokumen persyaratan. Petugas CS akan menjelaskan segala hal tentang produk Tahapan BCA dan memproses pembukaan rekening. Apabila menginginkan dibukakan akses ke internet dan atau mobile banking, sampaikan ke petugas agar diproses sekaligus bersama pembukaan rekening.
    • Lakukan penyetoran awal Rp500 ribu ke teller setelah diminta petugas CS. Usai menyetor, kembali ke CS untuk proses akhir dan penyerahan buku tabungan beserta kartu ATM.
    • Pembukaan rekening Tahapan BCA selesai dan bisa pulang.


Kartu ATM biasanya aktif dalam 1x24 jam. Nasabah bisa memiliki jenis ATM-nya antara Gold dan Platinum. Sebutan lain kartu ATM ini adalah Paspor BCA.

Paspor BCA Gold memiliki biaya administrasi bulanan Rp 17 ribu. Sementara untuk Paspor BCA Platinum biaya administasinya Rp 20 ribu.

Produk Tahapan BCA memiliki ketentuan terkait saldo minimum, minimal setoran lanjutan, dan saldo rata-rata bulanan. Untuk saldo minimum di Tahapan BC adalah Rp 50 ribu dan saldo ini akan ditahan.

Minimal setor tabungan selanjutnya sebesar Rp 50 ribu dan saldo rata-rata bulanan setidaknya Rp 100 ribu.

Buka rekening melalui website KlikBCA

Jika belum sempat datang ke kantor BCA, buka rekening bisa dilakukan secara online. Calon nasabah dapat membuka laman resmi KlikBCA, lalu ikuti semua syarat dan ketentuannya. Berikut ini caranya:


    • Buka website www.klikbca.com dan pilih menu “aplikasi online” lalu pilih “Tahapan”.
    • Baca semua syarat dan ketentuannya, lalu pilih tombol “lanjutkan”.
    • Isi semua data dalam formulir lalu submit. Nantinya akan muncul nomor referensi.
    • Datangi kantor BCA dengan membawa nomor referensi dari pendaftaran online. Jangan lupa bawa bukti diri baik KTP elektronik atau paspor, beserta persyaratan lain yang diperlukan
    • Petugas akan memproses pembukaan rekening, lalu nasabah menerima buku tabungan dan kartu ATM.



Baca juga artikel terkait BCA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora
DarkLight