Syarat dan Cara Daftar Kredit UMKM Pertamina Rp200 Juta

Oleh: Yantina Debora - 2 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Syarat dokumen dan cara mendapatkan kredit UMKM Pertamina melalui Program Kemitraan dengan dana pinjaman hingga Rp200 juta.
tirto.id - Pertamina memiliki Program Kemitraan SMEPP yang memberikan kredit kepada Usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan total dana hingga Rp200 juta dan jasa administrasi sebesar 3 persen.

Dana tersebut dicicil selama tiga tahun dengan bunga yang kecil. Pertamina telah menerbitkan Buku Daftar 1000 UMKM Mitra Binaan Unggulan dari Sabang hingga Merauke.

SMEPP merupakan upaya Pertamina untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Tak hanya memberi pinjaman, dalam program ini juga dilakukan pendampingan, serta pembinaan usaha UMKM.

Syarat Kredit UMKMPertamina

- Memiliki kekayaan bersih maksimal Rp500.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki omzet penjualan tahunan paling banyak Rp2.500.000.000;

- Warga negara Indonesia (WNI)

- Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau terafiliasi, baik langsung dengan usaha menengah atau besar;

- Berbentuk badan usaha perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, termasuk usaha mikro atau koperasi;

- Telah melakukan usaha minimal 6 bulan serta memiliki potensi dan prospek untuk dikembangkan;

- Belum memenuhi persyaratan perbankan atau Lembaga keuangan non bank

Selain syarat di atas, Anda juga harus menyiapkan sejumlah dokumen pendukung saat melakukan pengajuan pinjaman kredit UMKM ke Pertamina. Syarat Dokumen yang harus disiapkan yakni:

- Form Aplikasi Program Kemitraan (dapat di download link berikut pada kertas ukuran F4: Form_Aplikasi_Program Kemitraan);

- Untuk panduan pengisian formulir Program Kemitraan Klik disini;

- Fotocopy KTP Suami dan Isteri dan Kartu Keluarga;

- Foto Suami & Isteri terbaru ukuran 4X6;

- Fotocopy jaminan (dokumen asli diserahkan apabila pengajuan pinjaman disetujui);

- Foto Tempat usaha 2 lembar;

- Denah / peta lokasi usaha;

- Surat izin Usaha atau Keterangan Lurah;

- Fotocopy rekening tabungan atas nama pemohon.


Tata Cara Pengajuan Pinjaman Dana Program Kemitraan Pertamina


Jika semua persyaratan sudah disiapkan Form Aplikasi harap diiisi dan ditandatangani di atas materai 6.000 dan dilengkapi di seluruh dokumen yang dipersyaratkan.

Selanjutnya scan untuk menjadi lampiran pada email. Subjek Email yaitu Pendaftaran Program Kemitraan (Provinsi). Contoh : Pendaftaran Program Kemitraan Jawa Barat.

Dokumen persyaratan yang telah lengkap dapat diserahkan ke masing-masing region, MOR, RU, dan Rumah Kreatif BUMN Pertamina, sesuai dengan wilayah usaha atau scan seluruh dokumen ke email pcc@pertamina.com (apabila pendaftaran menggunakan email).

Pendaftaran Program Kemitraan Pertamina tidak dipungut biaya. Warga diimbau untuk berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan Pertamina untuk melakukan penipuan. Pastikan kebenaran informasi dengan dengan bertanya ke Contact Pertamina 1500000.

Pada 2018, Pertamina melalui program Kredit UMKM ini telah menyalurkan Rp265 miliar kepada 991 mitra binaan.

Selanjutnya pada 2019, Pertamina menyakurkan Rp338 miliar dana kredit UMKM kepada 2.067 mitra binaan. Program ini tersebar di seluruh Indonesia.


Baca juga artikel terkait KREDIT UMKM atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight