Syaikhu Jadi Anggota DPR, Anies Tunggu Hasil Seleksi Soal Wagub DKI

Oleh: Riyan Setiawan - 1 Oktober 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyilahkan Syaikhu menentukan posisi sebagai wakil gubernur atau anggota DPR jika terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh DPRD DKI Jakarta.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespon terkait pelantikan salah satu kandidat Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Syaikhu sebagai Anggota DPR periode 2019-2024. Anies menyerahkan proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Proses disini masih berjalan. Jadi biar jalan terus, prosesnya kita lihat nanti keputusannya seperti apa," ujarnya saat di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Sebagai informasi, Syaikhu merupakan salah satu kandidat pengganti Sandiaga Uno dalam menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah inisiator gerakan OK-OCE itu mundur untuk maju Pilpres 2019. Ia bersaing dengan Agung Yulianto, politikus PKS yang juga Sekretaris Dewan Pengurus Wlayah PKS.

Hingga saat ini, proses pemilihan pengganti Sandiaga masih berjalan. DPRD DKI Jakarta belum menentukan nama definitif yang menduduki kursi DKI-2.

Anies juga merespons terkait pernyataan Ahmad Syaikhu yang mengatakan siap mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI jika terpilih untuk mendampinginya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Mantan Mendikbud ini menyerahkan segala pilihan kepada Syaikhu jika nantinya DPRD DKI Jakarta memutus Syaikhu untuk tetap menjadi anggota DPR atau menjadi wakil gubernur.

"Kalau ini kan sudah sesuatu yang sudah diputuskan oleh partainya. Nanti kalau sudah diputuskan oleh dewan [DPRD], pak Syaikhu bisa menentukan pilihan [Tetap Anggota DPR RI atau Wagub DKI], dan itu kita hormati pilihannya," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies Baswedan pun mengucapkan selamat kepada Ahmad Syaikhu yang telah dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Tadi saya ikut hadir di gedung DPR/MPR. Semua pelantikan baik MPR, DPR, DPD, saya ucapkan selamat kepada semua. Mudah-mudahan bisa menjalankan amanah dengan baik," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Andrian Pratama Taher
DarkLight