Surya Paloh: Nasdem Cair dengan Partai Koalisi dan Oposisi

Oleh: Bayu Septianto - 8 November 2019
Surya Paloh menegaskan Nasdem sebagai partai pendukung pemerintahan Jokowi tidak hanya memikirkan kepentingan-kepentingan partai koalisi.
tirto.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan komunikasi politik yang dijalankan partainya begitu cair, baik terhadap partai koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo maupuan partai oposisi. Hal itu disampaikan Paloh saat membuka Kongres ke-2 Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

"Tidak ada sekat, hambatan psikologis apapun itu, baik terhadap partai pengusung pemerintah,maupun yang di luar pemerintahan," kata Paloh di hadapan ribuan kader Partai Nasdem.

Paloh menegaskan Nasdem sebagai partai pendukung pemerintahan Jokowi tidak hanya memikirkan kepentingan-kepentingan partai koalisi. Ia mengklaim Nasdem akan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan partai.

"Jadi bukan hanya dasar Nasdem adalah partai pendukung pemerintah, kemudian hanya memikirkan kepentingan-kepentingan koalisi yang ada dalam pemerintahan. Ah, salah. Salah, itu bukan tingkat berpikirnya Nasdem saudara-saudaraku semua. Berpikir pendek-pendek. Orang Medan bilang berpikir cetek-cetek," kata Paloh.

Kongres Nasdem sendiri digelar di tengah isu sikap membangkang Nasdem dari koalisi pendukung Jokowi. Isu itu mencuat lantaran Surya Paloh gencar melakukan safari politik ke pimpinan partai oposisi, diantaranya Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.


Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto & Haris Prabowo
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight