Suho EXO Resmi Debut Solo Lewat Mini Album Pertama "Self-Portrait"

Oleh: Maria Ulfa - 31 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Music video (MV) “Let’s Love” telah dirilis pada Senin (30/3/2020) kemarin pukul 18.00 KST, atau 16.00 WIB lewat akun YouTube SM Entertainment.
tirto.id - Salah satu personel EXO, Suho secara resmi telah melangsungkan debut solo dengan merilis mini album pertama bertajuk Slef-Portrait dan lagu utama “Let’s Love”.

Music video (MV) “Let’s Love” telah dirilis pada Senin (30/3/2020) kemarin pukul 18.00 KST, atau 16.00 WIB lewat akun YouTube SM Entertainment.

MV "Let's Love" yang berdurasi sekitar empat menit itu dipenuhi dengan sosok Suho yang tengah duduk sendiri menatap cermin atau saat ia berjalan dalam kesepian. Video yang jernih dengan sudut yang hanya fokus kepada Suho akan meningkatkan suasana drama di dalamnya.

Di akhir MV tersebut, potret Suho yang dipajang di galeri menarik perhatian dan mengingatkan pada judul albumnya, Self-Portrait.

Lagu utama "Let's Love" sendiri mampu menciptakan suasana hangat dan cocok didengarkan pada musim semi. Vokal lembut Suho yang menyatu dengan penampilan sesi band meningkatkan suasana dramatis dalam lagu ini.

Lirik lagu "Let's Love" berisi ajakan untuk saling memberanikan diri untuk mencinta walaupun sama-sama canggung dan kurang pandai dalam mengekspresikannya, demikian seperti dikutip Osen.

Mini album pertama Suho memuat total 6 buah lagu termasuk lagu utama "Let's Love". Kemudian, terdapat lagu pop akustik dengan nuansa dreamy "O2", lagu sendu seperti "Made In You", dan "Starry Night" yang mengekspresikan rasa rindu setelah berpisah dengan kekasih.

Lalu, lagu "Self-Portrait" menceritakan kenangan tentang jejak mantan kekasih dalam potret diri, dan lagu healing berjudul "For You Now" dinyanyikan Suho bersama dengan solois Younha. Suho sendiri ikut terlibat langsung dalam penulisan lirik untuk lagu-lagu di dalam album Self-Portrait.

Self-Portrait adalah album yang mengekspresikan emosi-emosi dan berbagai pengalaman yang dihadapi Suho selama 8 tahun berkarier, yang menyinggung cerita-cerita cinta universal yang dapat dimengerti siapa pun dengan mudah, demikian dikutip JTBC Plus.

Mini album Self-Portrait sendiri berhasil memuncaki chart iTunes di 50 negara setelah dirilis, termasuk Prancis, Finlandia, Swedia, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Selain itu, tak hanya di tangga lagu dunia, Self-Portrait juga memuncaki tangga lagu penjualan domestik, seperti di Hanteo Chart, Sinnara Records, Kyobo Books, Yes24, dan Aladdin.

Suho yang debut sebagai leader grup EXO pada 2012 terus dicintai publik berkat suara merdu serta penampilan kuatnya selama delapan tahun berkarier.

Kemungkinan Suho akan berkarier solo telah terlihat sebelumnya dalam lagu solo pertamanya di SM STATION, "Curtain".

Tidak hanya itu, Suho telah membangun karier musik yang stabil dengan menyanyikan lagu original soundtrack (OST) untuk sejumlah drama dan film.

Tentu saja ia juga telah memperlihatkan kemampuan bermusik yang luar biasa dengan berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu kolaborasi "Dinner" dan "Do You Have a Moment" yang ia nyanyikan.

Suho merupakan artis multitalenta yang juga beraktivitas lewat film Glory Day (2016), Student A (2018), drama Rich Man (2017), serta drama musikal The Man Who Laughs.

Suho membuktikan kemampuannya dengan menerima penghargaan Discovery of the Year dalam acara penghargaan di ajang 15th Jecheon International Music & Film Festival (JIMFF) serta dipilih menjadi ambasador untuk acara Festival Film Internasional Makau Ke-4 tahun lalu.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight