Suga BTS Pecahkan Rekor Solois Korea di Tangga Billboard 200

Oleh: Nuraini Ika - 2 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mixtape D-2 milik Suga juga mencatat sejarah di United Kongdom’s Official Albums Charts dengan duduk di tangga nomer 7 sementara title track “Daechwita” duduk di tangga nomer 68 Offical Singles Chart.
tirto.id - Suga BTS pecahkan rekor solois Korea di tangga Billboard 200 lewat mixtape D-2. Pada 1 Juni 2020 waktu setempat, pihak Billboard melalui akun resmi Twitter mengumumkan D-2 milik Suga berhasil menduduki tangga nomer 11 di tangga mingguan Billboard 200.

Dilansir Soompi, prestasi ini memecahkan rekor solois Korea sebelumnya yakni RM BTS lewat album “mono” (2018) yang debut di nomer 26 tangga Billboard 200.

Sebelum RM “mono”, prestasi tersebut dipegang oleh anggota J-Hope BTS lewat mixtape “Hope World” (2018) yang debut di nomer 63.

Billboard 200 menentukan rangking mingguan dengan menghitung jumlah penjualan album fisik, jumlah pendengar, dan jumlah unduhan track lagu di platform Billboard.

Mixtape D-2 milik Suga juga mencatat sejarah di United Kongdom’s Official Albums Charts dengan duduk di tangga nomer 7 sementara title track “Daechwita” duduk di tangga nomer 68 Offical Singles Chart.

Mixtape D-2 pertama dirilis pada 22 Mei 2020 pukul 08.00 am KST. Pada 23 Mei, D-2 telah menduduki puncak iTunes Top Albums Charts di total 80 negara dan wilayah termasuk AS, Kanada, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Portugal, Swedia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Jepang, dan Peru.

Sementara “Daechwita,” lagu utama mixtape D-2, berhasil menduduki puncak tangga lagu Tunes Top Songs Charts di 50 negara dan wilayah.

“Daechwita” merupakan lagu yang menggabungkan beat untuk menciptakan aura unik yang menguatkan rap Agus D (Suga).

Dalam wawancara dengan Time, Suga mengungkapkan alasannya memilih judul "Daechwita", dengan menggunakan perkusi Kkwaenggwari dan memasukkan unsur Korea lainnya dalam lagu ini.

"Tema 'Daechwita' sudah ada di pikiran saya ketika saya mulai mengerjakan trek ini, saya merasakan suara 'Daechwita' yang sesungguhnya. Pikiran pertama saya adalah saya ingin merasakan musik yang diputar selama upacara menyambut Raja. Jadi secara alami, elemen Korea akhirnya menjadi komponen penting untuk trek serta video musik," kata Suga.

Suga merilis mixtape pertamanya dengan nama Agust D pada Agustus 2016, dan melakukan comeback pada 22 Mei dengan mixtape keduanya D-2 yang secara total memiliki 10 lagu yaitu “Moonlight”, “Daechwita”, “what do yo think”, “Strange”, “28”, “Born It”, “People”, “Honsool”, “Interlude: Set me free”, dan “Dear my fried”.

Bersama D-2 Suga juga menyuguhkan kolaborasi bersama musikus lainnya seperti BTS RM, penyanyi-penulis lagu NiiHWA, penyanyi-penulis lagu Amerika MAX, dan Nell's Kim Jong Wan.


Baca juga artikel terkait SUGA BTS atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight