Sudah Vaksin Kedua, Penumpang KA Usia 6-17 Tahun Tak Wajib Antigen

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 20 Apr 2022 15:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penumpang KA usia 6-17 tahun tidak perlu melampirkan hasil negatif tes Antigen asalkan sudah divaksin dosis kedua.
tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan kebijakan baru mengenai syarat perjalanan KA Jarak Jauh bagi penumpang berusia 6-17 tahun. Bagi pelanggan di usia tersebut yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Antigen. Aturan ini berlaku mulai Rabu 20 April 2022.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, kebijakan ini dikhususkan untuk pelanggan 6-17 tahun setelah sebelumnya ketentuan ini hanya berlaku bagi pelanggan yang sudah melakukan vaksin booster.

“Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022,” kata Joni dalam keterangan resmi, Rabu (20/4/2022).

Sedangkan untuk anak usia 6-17 tahun yang baru divaksin dosis pertama, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam. Hingga kini KAI telah menjual 1.148.808 tiket KA Jarak Jauh atau 46% dari total tiket yang disediakan.

Rute favorit masyarakat pada masa angkutan Lebaran tahun ini yaitu Jakarta - Surabaya PP, Jakarta - Yogyakarta PP, Jakarta - Malang PP, dan lainnya. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei.

KAI melihat tiket kereta pada masa angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. KAI mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya. Keberangkatan di tanggal alternatif tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar masyarakat mudik lebih awal.

Masyarakat dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"KAI juga masih menyelenggarakan promo KAI Access Ramadan Festive 2022 yang masih berlangsung hingga 21 April 2022 untuk keberangkatan 20 April sampai dengan 13 Mei 2022. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access,” tandas dia.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terbaru:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining Covid-19.

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid tes Antigen.

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.


Baca juga artikel terkait ATURAN NAIK KERETA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight