Sudah 1,7 Juta Unit Avanza Terjual di Indonesia dalam 15 Tahun

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 15 Januari 2019
PT Toyota-Astra Motor mengumumkan telah menjual 1,7 unit Avanza di Indonesia sejak 2003 atau dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.
tirto.id - Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata mengatakan mobil Avanza telah terjual sebanyak 1,7 juta unit di Indonesia.

Menurut Nakata, hal ini menunjukkan kemampuan PT Toyota-Astra Motor dalam menjawab kebutuhan pasar di segmen low MPV. Di segmen ini, dia mengklaim Avanza unggul.

"[Selama] 15 tahun kehadiran Toyota Avanza di Indonesia, kami sudah menjual 1,7 juta unit," ucap Nakata di sela-sela peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta pada Selasa (15/1/2019).

Nakata juga menuturkan perkembangan penjualan mobil Avanza di Indonesia sejak Desember 2003. Pada waktu itu, penjualan Avanza hingga Tahun 2004 baru mencapai 45.000 unit.

Jumlah itu, kata Nakata, meningkat menjadi lebih dari 100.000 unit di tahun 2009. Pada tahun 2013, ia pun menyebutkan penjualan telah mencapai 200 ribu unit per tahun.

"Tahun 2013 itu memang rekor baru buat kami. Padahal, awalnya [andalan] penjualan kami lebih ke Innova," ujar Nakata.

Di hari yang sama, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan New Avanza dan New Veloz dengan model face-lift. Ketika ditanya mengenai alasan belum meluncurkan model all-new, ia hanya menjawab mobil yang dikeluarkan hari ini tetap berbeda dari sebelumnya. Nakata tetap optimistis dua produk perusahaannya bisa diminati masyarakat Indonesia.



Baca juga artikel terkait AVANZA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight