Study in Korea Fair 2019 Digelar di JCC Jakarta 9-10 November

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 6 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lebih dari 40 universitas berpartisipasi dalam Study in Korea Fair in Indonesia 2019
tirto.id - Study in Korea Fair in Indonesia 2019 akan kembali digelar di Jakarta pada 9 & 10 November 2019. Acara ini akan berlangsung di Merak Room, Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 10.00-17.00 WIB.

Study in Korea Fair in Indonesia 2019 diselenggarakan oleh pemerintah Korea melalui Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Pameran ini digelar untuk memperkenalkan pendidikan di Korea kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar yang menaruh minat besar untuk kuliah di Korea.

Lebih dari 40 universitas berpartisipasi dalam Study in Korea Fair in Indonesia 2019 termasuk universitas ternama seperti Korea University, Hanyang University, dan Sungkyunkwan University.

Pada acara ini, berbagai universitas di Korea akan menampilkan presentasi berisi informasi lengkap mengenai kuliah dan beasiswa dari masing-masing universitas maupun yang diberikan oleh pemerintah Korea.

Adapun stand pameran yang dapat dikunjungi untuk mengetahui informasi dari masing-masing universitas lebih lanjut. Selain itu, terdapat berbagai hadiah dan undian menarik dari korea yang diberikan secara cuma-Cuma.

Study in Korea Fair in Indonesia 2019 diselenggarakan secara gratis dengan melakukan registrasi mulai 23 September 2019 hingga 10 November 2019 melalui laman Indonesia.studyinkorea.go.kr.


Terkait belajar di luar negeri ini, pemerintah juga menyediakan beberapa beasiswa yang bisa diambil.

Jenis beasiswa kuliah pascasarjana di luar negeri ada beragam. Lembaga penyedia beasiswa juga ada banyak. Berikut beberapa beasiswa S2 di luar negeri berdasarkan lembaga penyediannya.

1. Beasiswa dari pemerintah

Beasiswa jenis ini diberikan oleh lembaga pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Beasiswa dari pemerintah ada yang diberikan kepada kalangan umum maupun khusus bagi pegawai negeri sipil.

Contohnya ialah beasiswa LPDP yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Sejumlah kementerian pun pernah memberikan beasiswa kepada PNS dan non-PNS. Misalnya, Kemenkominfo membuka pendaftaran beasiswa kuliah S2 di Cina dan India, pada April 2019 lalu.

2. Beasiswa dari pemerintah asing

Sejumlah lembaga donor bentukan pemerintah asing juga menyediakan program beasiswa bagi warga negara lain, termasuk Indonesia, untuk kuliah pascasarjana di luar nebergi. Di antaranya adalah:
3. Beasiswa Yayasan

Sejumlah yayasan juga menyediakan beasiswa. Di antara lembaga yayasan penyedia beasiswa kuliah pascasarjana ke luar negeri ialah:

Baca juga artikel terkait BEASISWA atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight