Studi Terbaru: Peneliti Jerman Deteksi Covid-19 dalam ASI

Oleh: Balqis Fallahnda - 22 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tim peneliti di Jerman telah menemukan virus Covid-19 di dalam air susu ibu (ASI).
tirto.id - Sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti di Jerman telah menemukan Covid-19 di dalam air susu ibu (ASI). Temuan itu dipublikasikan dalam jurnal The Lancet.

Para peneliti itu memeriksa susu dari dua ibu menyusui yang terinfeksi SARS-CoV-2. Kedua ibu itu memberikan persetujuan etis untuk alasan studi kasus ini dibebaskan oleh Komite Etik Universitas Ulm dan semua sampel dianonimkan.

Empat sampel dari ibu pertama yang diuji dipastikan negatif. Namun, SARS-CoV-2 RNA itu baru terdeteksi di susu ibu kedua pada hari ke 10. Peneliti mendeteksi SARS-CoV-2 RNA dalam sampel susu dari ibu kedua tersebut dalam waktu 4 hari berturut-turut. Deteksi virus RNA dalam ASI dari ibu kedua bertepatan dengan gejala COVID-19 ringan dan diagnostik positif SARS-CoV-2 Tes bayi baru lahir.

Ibu 2 telah memakai masker kesehatan sejak timbulnya gejala dan mengikuti tindakan pencegahan keamanan saat menangani atau memberi makan neonatus atau bayi yang baru lahir (termasuk tangan kanan dan desinfeksi payudara, pencucian ketat dan sterilisasi pompa susu serta tabung).

Setelah melahirkan, ibu pertama mengalami gejala COVID-19 ringan dan dinyatakan positif SARS-CoV-2. Setelah isolasi spasial dari ibu 1 dengan bayinya. Bayi dari ibu 1 kemudian dites positif dan mengalami masalah pernapasan, tetapi ibu 1 dan bayinya pulih.

Ibu 2 dinyatakan positif SARS-CoV-2 pada hari ke-8. Tiga hari kemudian, bayi baru lahir dari ibu 2 dinyatakan positif SARS-CoV-2 dan diterima dirawat kembali di rumah sakit karena terus yang baru lahir dan masalah pernapasan parah.


Namun, apakah bayi baru lahir dari 2 ibu tersebut terinfeksi dari proses menyusui? Hal itu masih belum jelas. Hal ini masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui hubungan sampel susu dari wanita menyusui dan kemungkinan penularan virus melalui ASI.

Kendati demikian, ibu yang sedang menyusui tidak perlu khawatir untuk memberikan ASI bagi bayinya. UNICEF sebelumnya menegaskan bahwa pemberian ASI tetap aman di masa pandemi. ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi dan melindunginya dari penyakit.

Healthy Children menulis, bayi masih dapat menerima ASI walaupun Anda dinyatakan positif COVID-19. Dianjurkan agar Anda memompa atau mengeluarkan ASI Anda setelah membersihkan payudara dan tangan Anda dengan hati-hati dan meminta pengasuh yang sehat untuk memberi ASI pada bayi Anda ASI.

Ini juga sangat penting untuk membersihkan pompa payudara Anda setelah setiap kali digunakan. Ikuti panduan CDC untuk rekomendasi pembersihan dan disinfektan yang tepat.

Ingatkan semua pengasuh untuk mencuci tangan sebelum menyentuh botol, atau memberi makan atau merawat bayi Anda. Jika Anda memutuskan untuk menyusui secara langsung, lakukan semua langkah yang disarankan untuk mencegah potensi penyebaran virus, termasuk menggunakan masker dan mengikuti kebersihan payudara dan tangan secara cermat.


Baca juga artikel terkait CORONA COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight