Menuju konten utama

Streaming Game yang akan Populer Tahun 2021

Streaming game yang akan populer tahun 2021, salah satunya dari Microsoft yang menjanjikan 150 game Xbox One.

Streaming Game yang akan Populer Tahun 2021
Ilustrasi bermain Game pada ponsel. foto/dok. OPPO ColorOS

tirto.id - Setiap tahun tampaknya menjadi tahun Mobile Gaming, ketika beberapa game atau teknologi ponsel baru akan mengantarkan era baru yang melegitimasi bermain game di smartphone.

Namun, inovasi terbesar tahun ini yang dapat selamanya mengubah Game Seluler adalah layanan streaming game.

Artinya, tahun 2020 merupakan tahun sebagai dasar dalam streaming game di ponsel yang memilki potensi untuk berkembang dalam mengubah cara bermain game di ponsel pada tahun 2021.

Dikutip dari laman XP Sports, Wakil Presiden Tribeca Games, Casey Baltes dalam artikel IndieWire mengatakan:

“Game telah terbukti menjadi salah satu sarana mendongeng yang paling canggih saat ini - tidak hanya dengan narasi tetapi juga dengan penguasaan artistik yang luar biasa, penciptaan dunia yang sangat imersif, dan memberikan hubungan yang berarti dengan komunitas di seluruh dunia."

Venture Beat menuliskan perusahaan-perusahaan besar Hollywood saat ini sedang mengarahkan usaha untuk streaming film dan acara TV dalam upaya menangkal Netflix.

Namun, Netflix sendiri sedang beralih ke game, di mana keterlibatan intelektual bisa jauh lebih tinggi dan menguntungkan.

Ada 150 Game Xbox One

Dilansir dari Tech Radar, Microsoft berjanji bahwa lebih dari 150 game Xbox One akan dapat dimainkan di xCloud saat diluncurkan dengan lebih banyak lagi yang akan datang ketika EA Play terintegrasi penuh pada tahun 2021. Semua ini dapat dimainkan melalui ponsel.

Tentunya di pasar yang luas ini, konvergensi teknologi dan skala ekonomi dapat menguntungkan perusahaan yang menghadirkan streaming game dan streaming film dalam satu wadah. Secara strategis, layanan tersebut dapat menarik konsumen dan memusatkan perhatian media.

Tetapi hal ini tentu membutuhkan keterampilan yang belum dikuasai oleh perusahaan teknologi dan streaming yaitu memahami game dan memungkinkan perusahaan game menjadi yang terbaik.

Selain itu, terdapat penghalang yang memungkinkan harus diselesaikan terlebih dahulu. Penghalang yang nampak jelas adalah mengenai konektivitas.

Google Stadia merekomendasikan koneksi yang andal dengan kecepatan 10Mbps ke bawah untuk pemutaran dan resolusi dasar.

Sementara yang diperlukan untuk bermain adalah 35Mbps dalam 4K HDR. Namun, hal tersebut hanya bisa dilakukan orang-orang kota, tetapi tidak untuk daerah yang jauh.

Untuk itu, jaringan 5G yang memiliki potensial besar untuk melakukan streaming game dengan ponsel yaitu dengan kecepatan sub-6 mencapai 200Mbps hingga 300Mbps pada operator.

Baca juga artikel terkait STREAMING GAME atau tulisan lainnya dari Versatile Holiday Lado

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Dhita Koesno