Strategi TKN di Kampanye Terbuka: 1 Hari Rapat Umum di 80 Lokasi

Oleh: Felix Nathaniel - 22 Maret 2019
TKN Jokowi-Ma'ruf akan menggelar kampanye terbuka di 80 lokasi dalam satu hari. Jokowi maupun Ma'ruf Amin juga akan mengunjungi 34 provinsi selama periode kampanye terbuka.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan segera mengadakan kampanye rapat umum terbuka mulai 24 Maret sampai 13 April 2019.

Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy menyatakan selama periode tersebut kubunya akan megggelar kampanye terbuka di 80 lokasi dalam satu hari.

Dia menegaskan seluruh partai pendukung Jokowi-Ma'ruf akan bergerak dan tak sekedar menempel pada paslon 01 tersebut di setiap kampanye. Hal itu karena daerah yang ingin mereka ingin ambil suaranya masih terlalu luas.

"Nanti ada Pak Jokowi, Pak Ma'ruf, ada Ketua Umum partai, ada juru kampanye, caleg-caleg semua disebar. Pak Jokowi rencananya 34 provinsi, lainnya 561 kabupaten," kata Lukman kepada tirto, Jumat (22/3/2019).


Pembagian tugas itu dilakukan untuk memenuhi target pelaksanaan kampanye terbuka di 80 lokasi dalam satu hari.

Lukman menambahkan kunjungan ke 34 provinsi tak hanya dilakukan oleh Jokowi, tapi juga Ma'ruf.

Dia membantah rancangan jadwal kampanye TKN yang sempat beredar dan berisi informasi bahwa jumlah provinsi yang dikunjungi Ma'ruf tidak sampai 34. "Data itu salah," kata Lukman.

Soal survei Litbang Kompas yang menunjukan angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di bawah 50 persen, Lukman tak mau berkomentar banyak.


Meski memastikan TKN akan bekerja lebih keras pada kampanye terbuka, tetapi dia mengatakan tak ada strategi khusus untuk menaikkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf.

Dia mengklaim elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tetap stabil tinggi dan tidak mengalami penurunan.

"Kalau saya membacanya enggak turun ya. Stabil ya. Lihat saja ekstraplorasinya. Jadi jangan salah baca," ucap Lukman.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom