Menuju konten utama

Strategi Bertahan Pedagang di Tengah Pandemi Covid-19

Strategi bertahan pedagang di masa pandemi dapat dilakukan dengan melihat kebutuhan pelanggan. Contohnya Mas Komeng yang berjualan roti dan air minum.

Strategi Bertahan Pedagang di Tengah Pandemi Covid-19
Bang Komeng, penjual roti di sekitaran Senayan dan Ratu Plaza. tirto.id/Havis Maulana

tirto.id - Pandemi Covid-19 berdampak terhadap ekonomi, terutama pada pedagang kecil. Namun bagi sebagian pedagang, situasi ini justru menjadi peluang untuk tetap bertahan hidup dan mengembangkan usahanya.

Jenifer Coy dalam artikelnya di Forbes menyebut ada 7 cara bagi bisnis kecil untuk menyelamatkan usahanya. Tujuh cara itu antara lain:

1. Menjaga hubungan dengan rekanan

2. Memperpanjang durasi kerja

3. Menjaga kebersihan usaha

4. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan

5. Mencari peluang

6. Mendidik dan melibatkan pelanggan

7. Memanfaatkan teknologi

Melihat Peluang Pasar dengan Siasat Sederhana

Contoh nyata strategi bertahan para pedagang kecil di tengah pandemi ini dapat dilihat dari Mas Komeng, pedagang roti Lauw yang menjadi perbincangan di linimasa Twitter beberapa hari belakangan ini.

Pedagang ini viral lantaran “strategi” bisnisnya diunggah oleh akun @ardiwilda di Twitter. Bahkan sampai dengan Rabu (1/9/2021) status yang diunggah akun @ardiwilda pada 28 Agustus itu disukai 16,7 ribu akun dengan di-retweet sebanyak 5,3 ribu dan menuai 303 komentar.