Menuju konten utama

Strategi Allianz Indonesia Permudah Klaim Asuransi di Masa Pandemi

Allianz Indonesia bikin inovasi untuk permudah proses klaim nasabah di tengah pandemi. 

Strategi Allianz Indonesia Permudah Klaim Asuransi di Masa Pandemi
Klaim Asuransi Allianz. foto/rilis allianz

tirto.id - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi nasabahnya.

Salah satunya dengan sebuah terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan.

“Pandemi ini memberikan tantangan yang unik bagi seluruh industri, terutama industri jasa keuangan. Namun, bagi kami hal ini merupakan sebuah pendorong agar kami terus berinovasi agar setiap produk dan layanan yang ditawarkansejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (31/8/2020).

Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi.

Nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital bisa merasakan berbagai kemudahan, yaitu: Proses pengajuan klaim lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

“Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman, terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien,” kata Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia.

Strategi ini merupakan salah satu upaya Allianz Utama untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi nasabah.

Hal ini terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari nasabah.

Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staff terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin.

“Masukan dari nasabah dan implementasi dari masukan tersebut adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja kami. Untuk mewujudkannya, kami terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan,” katanya.

“Seluruh penilaian positif yang diberikan oleh nasabah terhadap inovasi produk dan pelayanan Allianz Utama menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi Nasabah.”

Untuk mengajak lebih banyak nasabah merasakan kemudahan klaim digital ini, Allianz Utama memberikan E-voucher senilai Rp50.000 untuk 300 klaim dan permintaan survey melalui layanan video call yang valid yang diajukan selama periode program yaitu 3 Agustus 2020 – 30 November 2020.

Baca juga artikel terkait KLAIM ASURANSI ALLIANZ SAAT PANDEMI

tirto.id - Marketing
Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH