Step Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat & Tips Melakukannya

Oleh: Erika Erilia - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa step yang harus diikuti dalam perawatan kulit berjerawat. Selain itu, jenis skincare pun harus diperhatikan.
tirto.id - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh hampir semua orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari pubertas, pengaruh polusi dan cuaca, stres, hingga faktor makanan.

Perawatan kulit berjerawat juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus diikuti agar jerawat tidak semakin meradang. Tak hanya soal cara ataupun urutannya, jenis skincare pun harus diperhatikan.

Mengutip laman independent, Dr Justine Kluk dari British Association of Dermatologists menyebut, bahwa skincare terbaik untuk kulit berjerawat adalah produk non-oily.

Selain itu, dia merekomendasikan juga untuk memakai produk non-comedogenic agar kulit tidak mudah berjerawat.

Secara garis besar, produk skincare yang dibutuhkan adalah cleanser, toner, moisturizer, obat jerawat, dan sunscreen. Berdasarkan situs Healthline, ada sedikit perbedaan soal urutan atau step skincare pada pagi dan malam hari. Berikut detail penjelasannya.

Step Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat pada Pagi Hari

1. Cleanser

Hal pertama yang dilakukan di pagi hari adalah membersihkan wajah dengan cleanser atau sabun muka. Pilih cleanser khusus jerawat atau merek apapun yang cocok dengan kulit Anda.

Sebaiknya tidak terlalu sering membersihkan wajah dengan cleanser karena itu bisa menyebabkan kulit mudah mengalami iritasi. Direkomendasikan cuci muka 2 kali dalam sehari (pagi dan malam sebelum tidur).

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, Anda wajib menggunakan toner. Dikutip dari laman verywellhealth, toner berguna untuk menghilangkan minyak berlebih, melembabkan sekaligus mengencangkan kulit, serta melawan komedo.

Gunakan toner dengan kapas dan usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah hingga leher. Toner juga bermanfaat untuk menghapus sisa pembersih atau riasan yang mungkin masih tertinggal di kulit wajah.

3. Moisturizer

Jangan pernah meninggalkan moisturizer meski kulit Anda tergolong tipe berminyak. Penggunaan cleanser serta obat atau krim jerawat cenderung membuat kulit terasa kering. Itulah kenapa Anda membutuhkan moisturizer untuk membantu melembabkan kulit wajah.

Untuk hasil maksimal, pastikan memilih oil-free moisturizer agar kulit tidak semakin berminyak.

4. Sunsreen

Bila tidak berencana keluar rumah, langkah yang satu ini bisa dilewati. Tapi bila hendak bepergian, Anda wajib memakai sunscreen untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar UV.

Sunscreen mengakhiri step skincare pada pagi hari. Setelah pemakaian sunscreen, Anda bisa mengaplikasikan makeup sesuai keinginan. Yang perlu diingat, jangan memakai riasan terlalu tebal dan tetap gunakan produk makeup yang cocok untuk jenis kulit berjerawat.

Step Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat pada Malam Hari

1. Makeup remover

Bagi Anda yang mengenakan makeup seharian, pastikan untuk selalu membersihkan muka dengan makeup remover. Gunakan kapas dan usapkan makeup remover ke seluruh permukaan kulit wajah sampai benar-benar bersih.

Pastikan juga untuk membersihkan makeup dengan gerakan lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Cleanser

Setelah menggunakan makeup remover, saatnya mencuci muka dengan sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulit berjerawat. Langkah ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa riasan dan residu makeup remover yang tertinggal di kulit wajah.

3. Obat jerawat

Selanjutnya, Anda bisa memakai obat jerawat yang biasanya berupa krim atau gel. Oleskan obat tersebut ke spot-spot jerawat di wajah Anda sebelum tidur.


Baca juga artikel terkait PERAWATAN JERAWAT atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Addi M Idhom
DarkLight