Stan Lee Pencipta Komik Superhero Marvel Meninggal di Usia 95 Tahun

Oleh: Maya Saputri - 13 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Stan Lee, pencipta karakter superhero Marvel meninggal dunia di usia 95 tahun.
tirto.id - Pencipta karakter-karakter superhero di komik Marvel, Stan Lee, meninggal dunia di Rumah Sakit Cedars-Sinai, Los Angeles, di usia 95 tahun, Senin (12/11/2018) waktu setempat.

Kabar kematian ini dikonfirmasi oleh Kirk Schenck, kuasa hukum anak perempuan Lee, J.C. Lee, seperti diberitakan AP. Namun, tak merinci penyebab kematian Stan Lee.

Beberapa selebritas menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya komikus yang menciptakan karakter komik Iron Man, Fantastic Four, Spiderman, Daredevil dan X-Men ini.

Pemeran Iron Man, Robert Downey Jr, menuliskan via akun Instagramnya, “Saya berutang banyak padamu..Beristirahatlah dalam dalam Stan..#MCU #Excelsior #legend #rip #stanlee #TeamStark".

Selain itu, Tom Rothman, petinggi Sony Motion Picture Group juga menyampaikan bahwa Stan sosok yang orisinal dan jenius. “Kami telah kehilangan superhero yang sebenarnya. Kami akan sangat merindukan Stan Lee.”

Stan Lee yang semasa hidupnya dikenal berduet dengan Jack Kirby dan Steve Ditko telah merevitalisasi industri komik dengan karakter-karakter superhero yang mereka ciptakan. Karena perannya itulah, Lee juga dikenal sebagai arsitek dari komik kontemporer.

Di tahun 1960-an, ia menawarkan aksi dan kostum yang menyasar pembaca muda tapi tak meninggalkan plot cerita yang tak biasa, dialog yang bernas, satir, efek fiksi ilmiah dan bahkan ada filosofi dalam karyanya.

Lee sebagai penulis dan sekaligus editor juga tetap mampu mempertahankan cerita tetap mulus bahkan membuat tokoh superhero yang diciptakan bisa beririsan di satu plot cerita. Misal Iron Man bisa bergabung dengan Fantastic Four dan Captain America bisa dalam satu plot dengan Doctor Strange.

Dunia komik Marvel yang dia ciptakan memiliki pasar sendiri hingga melebarkan sayap ke adaptasi serial TV bahkan hingga film dan mengubah wajah budaya populer saat ini.

"Dia merasakan kewajiban kepada para penggemarnya untuk terus menciptakan," kata putrinya J.C. Lee, dikutip dari The Guardian.

“Dia mencintai hidupnya dan dia mencintai apa yang dia lakukan untuk mencari nafkah. Keluarganya mencintainya dan para penggemarnya mencintainya. Dia tak tergantikan," pungkasnya.

Istri Stan Lee, Joan Lee, telah meninggal dunia lebih dulu pada 6 Juli 2017. Sepeninggal istrinya, Stan Lee mengalami kekosongan yang memicu kemunduran mental dan fisik. Dia mengalami masalah beruntun mulai dari kasus hukum dan tuntutan pengadilan.

Menghadapi semua masalah itu, Stan Lee dibantu oleh putrinya, Joanie, dan seorang adik laki-laki yang juga bekerja di dunia komik, Larry Lieber.


Baca juga artikel terkait MARVEL atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight