Sri Sultan HB X Berikan Ucapan Selamat kepada Jokowi-Ma'ruf

Oleh: Irwan Syambudi - 21 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sri Sultan Hamengkubuwono X mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam pertarungan Pilpres 2019.
tirto.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X memberikan ucapan selamat kepada pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin atas kemenangan di Pilpres 2019.

"Syukur alhamdulillah pada hari ini KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara pemilu serentak 2019. Kini saatnya bangsa Indonesia mendengarkan pengumuman hasilnya sesuai tahapan yang telah ditetapkan dalam UU Pemilu nomor 7 tahun 2017," kata Sultan dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Selasa (21/5/2019).

Ia berharap agar para pihak menginisiasi rekonsiliasi. Hal ini, kata dia, untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukung masing-masing paslon dengan penuh lapang dada guna menjaga persatuan bangsa.

"Bagi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin diucapkan selamat dengan teriring harapan bagi para pendukungnya, agar merayakan dengan tepo seliro jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang," ujarnya.

Sedangkan bagi kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Sultan berharap agar tetap mengedepankan sikap kesatria. Kalau pun masih dirasa ada keberatan, lanjut dia, hendaknya ditempuh jalur hukum dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan.

"Dengan harapan lanjut agar tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan. Karena Hal ini akan menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita," ujar Sultan.

Sementara untuk para warga di DIY Sultan berharap dengan penuh percaya agar masyarakat merekatkan kembali kohesi sosial, membangun kebersamaan dengan semangat Yogya istimewa.

"Untuk itu agar senantiasa menjalin kerukunan dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah pemilu lalu. Menjaga ketenangan dan ketertiban masyarakat untuk mengembalikan harmoni hubungan dalam kehidupan bermasyarakat bangsa," tukas dia.


Diketahui hasil rekapitulasi KPU DIY paslon 01 Jokowi-Ma'ruf berhasil meraih 69,04 persen suara. Paslon 01 mengungguli paslon 02 Prabowo-Sandiaga yang hanya memperoleh 30,94 persen suara dari seluruh DIY.

Sementara di tingkat nasional hasil rekapitulasi KPU RI pada Selasa (21/5/2019) dini hari menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mengungguli lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam palagan menjadi pemimpin Indonesia.

Hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, pasangan nomor urut 01 ini memperoleh suara sebesar 85.607.362 atau sekitar 55,50 persen, sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen dengan selisih 16.957.123 suara.

"Keputusan ini disahkan pada 21 Mei 2019, pukul 01.46 WIB," kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik, Selasa (21/5/2019) dini hari.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno