Spotify Tutup Program Uji Coba untuk Musik Indie

Oleh: Adrian Samudro - 2 Juli 2019
Program uji coba untuk musik indie ditutup di Spotify.
tirto.id - Spotify memutuskan untuk menutup program uji coba yang memungkinkan musisi indie mengunggah lagu mereka langsung ke platform music tersebut pada 30 Juli 2019.

Melansir Variety, program tersebut telah membuat Spotify kesulitan dalam memantau hak – hak cipta dalam pendistribusiannya dan pada saat yang bersamaan Spotify juga ingin mendukung para mitra distributornya.

Pertama kali diluncurkan pada September 2018, program ini bertujuan untuk memberikan cara sederhana bagi musisi tanpa kontrak untuk membagikan musik mereka dan mendapat bayaran.

Nantinya para musisi indie harus bekerja sama dengan para distributor yang telah disetujui untuk bisa diunggah ke platform Spotify, jika mereka belum memiliki label yang menaunginya.

Para musisi indie tersebut perlu mendaftar dengan perusahaan distribusi Spotify yang disetujui, yang menyediakan akses langsung ke platform Spotify for Artists, seperti DistroKid, CD Baby dan EmuBands. Dalam kerja samanya nanti akan meliputi pengurusan izin, distribusi dan pembayaran royalty.


“Cara yang paling berpengaruh bagi kami untuk meningkatkan pengalaman memberikan musik ke Spotify bagi sejumlah musisi dan label adalah dengan bersandar pada pekerjaan hebat yang sudah dilakukan mitra distribusi kami untuk melayani komunitas musisi,” tulis Spotify dalam blognya.

“Cara terbaik bagi kami untuk melayani musisi dan label adalah dengan memfokuskan sumber daya kami pada pengembangan alat dimana Spotify dapat secara unik memberikan keuntungan bagi mereka,” katanya lagi.

Spotify sedang bekerja dengan mitra distribusi mereka untuk membantu membuat transisi ini sesederhana mungkin bagi musisi yang mengunggah musik melalui program uji cobanya.

Pada akhir bulan ini, perusahaan akan berhenti menerima unggahan baru melalui Spotify for Artists, dan para musisi harus memindahkan konten mereka yang sudah dirilis ke penyedia lain.

Spotify juga mengatakan bahwa para musisi yang telah merilis musik dalam program versi beta tersebut harus meninjau FAQ Spotify dan melakukan pengecekan email untuk detail lebih lanjut.

Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Musik)


Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Adrian Samudro
DarkLight