Spotify Sambut Ramadan dengan Konten Audio Komplet

Oleh: Siaran Pers - 12 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Memasuki bulan Ramadan, Spotify menghadirkan hub yang dilengkapi beragam musik dan siniar untuk menemani saat-saat ngabuburit.
tirto.id - Memasuki bulan suci Ramadan, Spotify menghadirkan sebuah wadah khusus (hub) yang dilengkapi beragam musik dan siniar (podcast) bagi pendengar Indonesia untuk menemani saat-saat ngabuburit, sebagaimana diumumkan dalam konferensi pers virtual hari ini.

Mulai 12 April, pendengar di Indonesia dapat menelusuri kata kunci "Ramadan" di Spotify untuk menemukan Hub Ramadan yang menghadirkan sejumlah playlist musik dan podcast eksklusif yang dikurasi untuk menyuarakan suasana hati dan momen refleksi diri mereka selama bulan suci. Pendengar dapat menikmati koleksi konten audio lokal dan internasional Spotify yang terlengkap, mulai dari konten religius untuk siraman rohani, hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan.

“Musik dan bercerita adalah bagian penting dari identitas manusia dan juga bentuk ekspresi yang mendasar,” kata Gautam Talwar, Managing Director, Spotify Asia Pacific.

“Dengan Ramadan sebagai salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia, kami ingin menciptakan pengalaman audio untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga serta kerabat bagi para pendengar kami selama bulan suci ini.”

Para pendengar dapat mendengarkan beragam acara podcast spesial Ramadan terbaru bergenre hiburan maupun religi, yang diperbarui setiap hari untuk menemani saat sahur dan buka puasa. Para pengguna Spotify dapat mendengarkan konten spesial ini dari sejumlah podcast eksklusif Spotify ternama, seperti Podkesmas, RAPOT, Makna Talks, BKR Brothers, Kinosgina, dan Podcast DariTadi. Turut bergabung dengan deretan para podcaster ternama ini, yakni GJLS, Podcast Ancur, dan Podcastery Jurnalrisa sebagai anggota terbaru dalam jajaran podcast eksklusif Spotify yang hanya dapat didengarkan di Spotify.

“Kami sangat senang menjadi bagian dari jajaran podcast eksklusif Spotify yang terus berkembang. Podcasting telah memungkinkan kami untuk meninggalkan jejak di kehidupan para pendengar kami, dengan menjadi teman dekat bagi mereka. Berkat Spotify, kami bisa memberikan ruang yang aman dan menyenangkan untuk membahas banyak hal, termasuk hal-hal kecil dalam hidup, seperti halnya obrolan sehari-hari dengan teman sendiri,” kata Rispo, salah satu dari tiga host GJLS.

Hub Ramadan Spotify juga menampilkan playlist Ramadan yang memuat kombinasi musik dan podcast bertajuk Refleksi Diri. Mulai dari musisi yang telah membentuk kancah musik Indonesia yang kaya dan beragam, hingga sederet podcaster terkemuka saat ini, playlist tersebut akan menyatukan konten audio terbaik di Indonesia dalam satu tempat.

Dalam acara jumpa pers ini, penyanyi dan penulis lagu Yura Yunita membawakan lagu Ramadan terbarunya, "Tenang.

"Seperti kebanyakan orang Indonesia, saya tumbuh dengan mendengarkan berbagai lagu religi yang ikonik setiap Ramadan. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendengarkan lagu-lagu favorit saya sambil dikelilingi orang-orang terkasih saat ngabuburit," tutur Yura.

Sejak tahun lalu, bulan Ramadan memang berbeda bagi banyak orang. Termasuk Yura. Dia tidak bisa berkumpul bersama teman maupun keluarga. Namun dia tetap bersyukur masih diberi kesehatan.

"Saya (juga) bersyukur bisa tinggal menyalakan playlist Ramadan di Spotify untuk mengiringi acara kumpul-kumpul virtual kita. Dan dengan demikian, dapat tetap merasa terhubung,” tambah Yura.

Sebagai bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna, Spotify juga memperkenalkan sejumlah fitur produk terbaru untuk memudahkan pengguna menemukan konten audio, serta menghadirkan personalisasi lebih bagi setiap pendengar. Fitur baru ini meliputi fitur baru pada tampilan awal Spotify, Spotify mixes yang merupakan playlist personalisasi terbaru, hingga navigasi yang lebih mudah pada aplikasi, desktop, atau web.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman audio terbaik kepada pendengar kami dan terus mengembangkan platform kami untuk mempermudah penemuan konten musik dan podcast,” tutup Gautam.

Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Siaran Pers
(tirto.id - Hard News)

Penulis: Siaran Pers
Editor: Nuran Wibisono
DarkLight