Spotify Hadirkan Tampilan Baru untuk Aplikasi Desktop dan Web

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 26 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tampilan baru Spotify versi aplikasi desktop dan pemutar web dirilis hari ini.
tirto.id - Spotify merilis tampilan anyar untuk layanan mereka versi aplikasi desktop dan pemutar web (web player) pada Jumat (26/3/2021). Wajah baru ini akan tersedia untuk semua pengguna global secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Secara keseluruhan, tampilan aplikasi yang baru ini terlihat lebih rapi dibandingkan versi sebelumnya. Penyegaran juga membuat desain aplikasi desktop dan web lebih mirip dengan aplikasi mobile.

"(Perubahan) ini memakan waktu berbulan-bulan untuk uji coba dan penelitian, berbicara dengan pegguna, dan mengumpulkan umpan balik. Kini, kami senang memberikan desain yang baru, bersih, kontrol lebih banyak, dan fondasi baru untuk pendengar kami yang menggunakan Spotify di aplikasi desktop dan web player," ujar pihak Spotify seperti dikutip dari situs resmi mereka.

Perubahan yang dilakukan berfokus pada navigasi dan akses ke kontrol yang lebih banyak serta fitur-fitur baru di playlist, search, radio, queue, library, dan masih banyak lagi.

Layanan ini misalnya, menyederhanakan pembuatan playlist dan menambahkan pengaturan lebih seperti kemampuan menuliskan deskripsi, mengupload image dan melakukan drag and drop lagu di playlist yang sudah ada. Sedangkan untuk kolom "Search" kini bisa dijumpai di sisi kiri halaman navigasi.

Penambahan jalan pintas (shortcut) di keyboard juga dihadirkan Spotify. Di aplikasi desktop, pengguna PC bisa menekan Control + ?, dan bagi pengguna Mac, Command +? Y untuk melihat daftar lengkap perintah yang tersedia.

Fitur lain yang turut bisa dinikmati pengguna adalah kemampuan mendownload track ke komputer dengan aplikasi desktop bagi mereka yang menjadi pengguna premium.

"Kami terus melakukan tes, mengembangkan, dan merilis fitur-fitur baru," tukas Spotify. "Dan di tengah proses, kami merasa bahwa pengalaman aplikasi desktop belum sejalan, sehingga ini waktunya untuk perubahan," lanjut mereka.

Dilansir dari Cnet, belum lama ini Spotify menggelar acara untuk memberikan sejumlah pengumuman, termasuk rencana untuk merilis opsi langganan baru bernama HiFi yang menyuguhkan audio berkualitas tinggi dan perluasan layanan ke lebih dari 80 negara.

Spotify memang terus berupaya menghadirkan pengalaman-pengalaman anyar ke pengguna. Sebelumnya, Spotify juga menjalin kesepakatan dengan DC Comics untuk menghadirkan podcast yang berisi narasi karakter-karakter superhero mereka di Spotify.

Di konten berita, layanan streaming tersebut juga telah merilis serial podcast terbatas yang menampilkan Barack Obama dan Bruce Springsteen bertajuk Renegades: Born in the USA.

Di sini mereka membahas banyak hal termasuk soal maskulinitas dan awal karir Springsteen. Proyek-proyek tersebut selaras dengan apa yang pernah disampaikan CEO Spotify Daniel Ek bahwa audio bukan hanya musik, akan menjadi masa depan Spotify.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight