Spesifikasi Yamaha E01 "Nmax Listrik" Hadir di Indonesia

Kontributor: Ega Krisnawati - 3 Mei 2022 09:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Yamaha E01 memiliki fitur battery and charging system. Dengan begitu, E01 dilengkapi semua fungsi yang memiliki kualitas mirip dengan skuter kelas 125cc.
tirto.id - Pameran International Indonesia Motor Show 2022 (IIMS 2022) digelar selama 11 hari mulai 31 Maret hingga 10 April 2022.

Pameran ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para pengunjungnya terhadap beragam produk unggulan Yamaha.

Dikutip dari laman resmi Yamaha Motor, adapun produk yang paling menarik perhatian pengunjung, yaitu Yamaha Fazzio, MAXI Yamaha, dan model konsep terbaru Yamaha E01.

Yamaha E01 adalah sepeda motor listrik yang dikembangkan sebagai kelanjutan dari model Yamaha Passol di tahun 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Fino (2014), Yamaha EC-05 (2019), Yamaha EMF (2022).

Yamaha E-Fino bahkan sudah masuk Indonesia dengan status uji coba sejak beberapa tahun lalu. Yamaha E01 telah debut di Tokyo Motor Show 2019. Tipe motor ini akan masuk ke Indonesia sebanyak 20 unit dengan status uji coba mulai Juli 2022 hingga setahun ke depan.

Uji coba itu ditujukan untuk mengetahui kemampuan Yamaha E01 di lingkungan Indonesia yang berbeda dengan iklim Jepang. Salah satu hal yang membuat tipe sepeda motor ini menarik kerena menyerupai NMax.

Spesifikasi Yamaha E01



Berdasarkan pemaparan Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pihaknya belum menjual model EV di Indonesia.

Kendati begitu, mereka telah melakukan test market dengan E-Vino dan telah memperkenalkan Yamaha E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini.

Dilansir dari Antara, Yamaha E01 memiliki fitur battery and charging system. Dengan begitu, E01 dilengkapi semua fungsi yang memiliki kualitas mirip dengan skuter kelas 125cc.

Selain itu, Yamaha EO1 juga memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

Dalam hal desain, Yamaha E01 mengusung desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di-charge di manapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging, yaitu fast charging, normal charging, portable charging.

Sementara dalam hal baterai, Yamaha E01 menggunakan fixed-lithium ion battery yang berkapasitas 4,9 kWh. Dengan begitu, kapasitas baterai ini dapat menempuh jarak 104 km dalam kondisi full charging.

Lalu, Yamaha E01 dilengkapi konektor charging yang ditempatkan di depan body motor. Fitur ini bisa memudahkan pengendara saat melakukan charging ketika motor diparkir.

Yamaha E01 memiliki performa yang setara motor konvensional 125cc. Sebagai motor listrik unggulan, Yamaha E01 dibekali dengan tiga riding mode yaitu Power Mode, Standard Mode, dan Eco Mode.

Motor listrik E01 ini menggunakan fitur Double Cradle Frame serta Yamaha Controlled Filling (CF) Aluminimum Die Casting Swing Arm. Fitur tersebut mampu memberikan keseimbangan antara kekuatan dan kekakuan, sehingga membuat bobotnya semakin ringan.

Yamaha E01 juga dibekali fitur Dual Channel ABS, Dual Rear Suspension, Traction Control System, dan Belt Drive. Fitur ini bisa memberikan getaran yang sangat rendah, tidak berisik, dan memberikan deselerasi sangat halus ketika tuas gas ditutup (engine brake feeling).


Baca juga artikel terkait SPESIFIKASIYAMAHA E01 atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight