Spesifikasi Snapdragon 888 dan Keunggulan Chipset Terbaru Qualcomm

Oleh: Yuda Prinada - 6 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Performa Snapdragon 888 diklaim Qualcomm meningkat 25 persen lebih tinggi dari Snapdragon 865.
tirto.id - Qualcomm Technologies, Inc. memperkenalkan chipset Qualcomm Snapdragon 888 pada awal bulan Desember ini.

Chipset yang merupakan anak dari perusahaan Qualcomm Technologies itu dikatakan sebagai inovasi seluler terdepan dalam industri.

“Sejarah penemuan teknologi terobosan Qualcomm telah membuka jalan bagi kepemimpinan berkelanjutan kami di segmen seluler tingkat premium,” ungkap Alex Katouzan, Wakil Presiden Senior serta Manajer Umum Seluler, Komputasi, dan Infrastruktur perusahaan Qualcom Technologies.

Bahkan, pada 2021, dikatakan chipset seluler terbaru ini akan dijadikan sebagai tolak ukur smartphone andalan. Lalu, apa spesifikasi serta keunggulan dari Qualcomm Snapdragon 888?


Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 888

Chipset ini akan memanfaatkan CPU Kryo 680 untuk menaikkan performa kerjanya hingga 25 persen lebih tinggi dari chip tahun sebelumnya, Snapdragon 865. Lebih tepatnya, kecepatan maksimum chip baru ini mencapai 2,84GHz.

Selain itu, GPU Andreno digunakan untuk meningkatkan kemampuan rendering grafis sebesar 35 persen. Kinerja yang dihasilkan ini dikatakan sebagai lompatan besar untuk GPU Snapdragon 888.

Bukan hanya itu, chip ini memiliki keunggulan di beberapa fitur lainnya. Dalam meningkatkan kemampuan koneksinya, Snapdragon hadir dengan kemampuan koneksi 5G-nya.

Lalu, modem Snapdragon X60 5G Modem-RF memungkinkan chip ini dapat mencapai kecepatan hingga 7,5 Gbps. Selain itu, ini juga mendukung jangkauan jaringan 5G di seluruh dunia melalui teknologi Dynamic Spetrum Sharing.

Dalam menjangkau pasar, Qualcomm Snapdragon 888 mendukung multi-SIM 5G Global yang memberikan kemampuan untuk roaming internasional, mengelola nomor pribadi dan kantor di telepon yang sama, serta mengoptimalkan biaya bulanan untuk berlangganan.

Setelah itu, ada Teknologi Qualcomm FastConnect 6900 yang dapat menaikan kecepatan WiFi 6 hingga 3,6 Gbps.

Lalu, FastConnect 6900 juga memiliki peran dalam optimalisasi audio agar lebih jernih, andal, dan responsif.

Teknologi Qualcomm AI generasi ke-6 dengan prosesor Qualcomm Hexagon 780 ini memungkinkan akses fitur kamera profesional, asisten suara pribadi, elite gaming, hingga konektivitas yang cepat.

Dengan adanya Snapdragon 888, efisiensi daya akan lebih awet dan tetap mengedepankan kinerja yang meningkat hingga tiga kali lipat per Watt.

Selain itu, Teknologi Qualcomm Spectra 580 ISP yang digunakan pada chip Snapdragon 888 ini memungkinkan pengguna untuk menangkap tiga gambar secara bersamaan dengan kecepatan tinggi.

Bahkan, Spectra 580 ISP ini juga dapat menangkap gambar secara lebih terang jika yang difoto berada di tempat yang sedikit gelap.

Lalu, kamera juga dilengkapi fitur HDR 4K yang memungkinkan perekaman video berkualitas HDR.
Dalam bermain game, Teknologi Qualcomm Snapdragon Elite Gaming memungkinkan pengguna bisa bermain dengan grafik kualitas HDR paling tinggi.

Selain itu, Variable Rate Shading (VRS) pada Snapdragon 888 dapat menghasilkan peningkatan pada rendering game hingga 30 persen yang dikatakan sekelas dengan desktop.

Dalam menjaga keamanan, Snapdragon 888 memperkenalkan Hypervisor Tipe-1 yang dapat mengamankan serta mengisolasi data antara aplikasi dan beberapa sistem operasi pada perangkat.

Berikut spesifikasi Snapdragon 888:

  • CPU: Qualcomm® Kryo™ 680 CPU 2,84 Ghz
  • AI: Qualcomm Hexagon™ 780
  • GPU: Qualcomm® Adreno™ 660 GPU
  • Nama Modem: Snapdragon X60 5G Modem-RF System, kecepatan mencapai 7,5 Gbps
  • Tambahan Modem: QualcommFastConnect 6900, kecepatan WiFi mencapai 3,6 Gbps
  • Konektivitas: 5G
  • Kamera: Qualcomm Spectra™ 580 ISP, kecepatan di atas 2,7 gigapixel per detik
  • Kualitas Video: 4K HDR
  • Prosesor video game: Variable Rate Shading (VRS), meningkatkan 30% rendering game. Game Quick Touch, meningkatkan respon game 20%
  • Keamanan: Type-1 Hypervisor


Baca juga artikel terkait QUALCOMM atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yuda Prinada
Editor: Ibnu Azis
DarkLight