Spesifikasi Motor Kotaro Minami Ksatria Baja Hitam: Suzuki GSXR250

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 2 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Suzuki GSX-R250 1987 merupakan Motor yang kerap ditunggangi Kotaro Minami, karakter utama di serial Ksatria Baja Hitam, yang kini tayang di RTV.
tirto.id - Serial Kamen Rider Black atau dikenal dengan nama Ksatria Baja Hitam telah tayang sejak Senin, 24 Agustus 2020, di RTV. Serial tersebut tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 19.30 WIB.

Tayangan ini merupakan serial TV Tokusatsu yang perdana ditayangkan di Jepang pada 4 Oktober 1987 dan tamat pada 9 Oktober 1988. Pada awal 1990-an, Ksatria Baja Hitam tayang di Indonesia dan memikat perhatian banyak anak-anak. Makanya, anak-anak dan remaja generasi 90-an pasti tidak asing dengan serial ini.

Karakter utama di serial ini adalah Kataro Minami, pemuda 19 tahun yang kehidupannya berubah usai diculik oleh Gorgom dan diubah menjadi Black Sun.

Salah satu hal yang menarik bagi penggemar serial ini adalah motor-motor yang dikendarai oleh si tokoh utama. Suzuki GSX-R250 1987 merupakan Motor yang kerap ditunggangi Kotaro di beberapa episode serial aksi tersebut.

Suzuki GSX-R250 identik dengan sepasang lampu bulat di bagian depan. Motor ini diproduksi pada tahun 1987, yang kemudian diproduksi kembali pada tahun 1990-an dengan perubahan di bagian body dan frame. Tak hanya itu, namanya pun diubah menjadi Suzuki GSX-R250SP.

Mesin motor tersebut menggunakan teknologi DOHC 1-silinder berkubikasi 248 cc. Dengan mesin ini, Suzuki GSX-R250 dapat menghasilkan 45 tenaga kuda atau 14.000 rpm dengan torsi mencapai 24 Nm/10.500 rpm.

Dikutip dari Suzuki Motor, Suzuki GSX-R250 1987 telah dilengkapi dengan pendingin cairan. Sasis motor terbuat dari baja. Tidak seperti motor pada era sekarang yang bahan baku sasisnya terbuat dari alumunium. Kecepatan maksimalnya juga mampu menembus 180 km/jam.

Aspek lain yang perlu diperhatikan dari motor GSX-R250 terletak pada ukuran ban dan roda. Meski kedua simpainya berukuran 17 inci, Suzuki GSX-R250 1987 diproduksi ketika ban bias ply masih menggunakan perlengkapan biasa.

Akibatnya, pelek ban motor ini sempit menurut standar saat ini. Baik ban radial depan 110/ 70R-17 dan belakang 140/ 70R-17 Dunlop GPR-300 yang dipasangkan pada GSX-R untuk pengujian trek sedikit terjepit oleh pelek yang sempit tersebut, demikian mengutip ulasan Motorcyclist.

Berikut ini spesifikasi motor Suzuki GSX-R250
  • Model : Suzuki GSX-R250
  • Tahun : 1987
  • Mesin : Four stroke, transversefourcylinder, DOHC, 4 valves per cylinder
  • Kapasitas : 248 cc/ 15.1 cu in
  • Rasio kompresi : 12.5:1
  • Suspensi depan : telescopicforks
  • Rearsuspension : fullfloater
  • Frontbrakes : 2x300 mm Discs, 2 piston calipers
  • Rearbreaks : single 240mm disc, 1 piston caliper
  • Front wheel : 2.50 – 17
  • Rear wheel : 3.50 – 17
  • Front tyre : 110/80-R17
  • Rear tyre : 130/70-R17
  • Ground clearance : 125 mm/ 4.9 in
  • Seat height : 770 mm/ 30.3 in
  • Dryweight : 138 kg/ 304 lbs
  • Fuelcapacity : 16 litres/ 4.2 US gal/ 3.5 lmpgal
  • Top Speed : 180 km/h / 112 mph.


Baca juga artikel terkait KSATRIA BAJA HITAM atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight