Spesifikasi Honda Genio VS Scoopy, Unggul Mana?

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga Honda Genio lebih murah ketimbang Honda Scoopy.
tirto.id - Honda mengeluarkan produk kendaraan bermotor roda dua dengan merk Genio. Di tahun 1992-1994, nama Genio dipakai oleh perusahaan kendaraan tersebut untuk sebuah mobil yaitu Honda Civic Genio.

Mobil tersebut dulu menjadi sedan primadona pada zamannya. Kini, Honda mengeluarkan motor matic dengan nama yang sama, Genio. Motor matic Honda Genio memiliki desain casual compac mirip dengan motor matic Honda yang telah lebih dulu di pasaran, yaitu Honda Scoopy.

Meskipun begitu, keduanya memiliki karakteristik masing-masing.

Tipe Mesin

Genio maupun Scoopy sama-sama memiliki tipe mesin 4-tak dan eSP 110cc yang dapat menghemat bahan bakar, Scoopy sudah dilengakapi dengan pendingin udara, sedangkan Genio belum.

Sistem suplai bahan bakar keduanya sudah injeksi, yang memugkinkan kendaraan menghemat penggunaan bahan bakar bensin. rasio kompresi mesin Scoopy lebih kecil yaitu 9,5:1 dibandingkan dengan Genio 10:1.

Dimensi dan Berat

Jika dilihat sekilas Genio dan Scoopy memiliki betuk kerangka motor yang sama. Namun, Genio memiliki domesi lebih besar, yaitu 1869 x 692 x 1061 mm, dibandingkan dengan Scoopy 1847 x 686 x 1061 mm.

Penampilan kasual didesain untuk menggaet pasar muda di Indonesia, pihak Astra Honda melansir. Khusus untuk Genio, Honda menerapkan teknologi frame terbaru yang meskipun sedikit lebih berat dari Scoopy tetap ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Kapasitas dan Sistem Kelistrikan

Kapasitas tangki bahan bakar Honda Genio 4,2 liter dengan kapasitas pelumas 0,65 liter. Sedangkan, Scoopy berkapasitas 4 liter tangki bahan bakar dan 0,7 liter untuk pelumas.

Tipe aki Honda Genio adala MF 12 v - 3Ah (tipe CBS), MF 12 V - 5Ah (Tipe CBS - ISS). Honda Scoopy menggunakan aki MF Battery 12V - 5Ah.

Pilihan Warna

Untuk tipe CBS, Genio tersedia dalam warna Smart Black Red, Smart Silver, dan Smart White Blue. Tipe CBS-ISS ada pilihan warna Fabulous Matte Black, Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue, dan Trendy White Red.

Honda Scoopy tersedia dalam varian warna Sporty Black (hitam dengan semburat merah), Sporty Red (Merah dengan semburat hitam), Sporty White (Putih dengan semburat hitam dan abu-abu merah), Stylish White Red, Stylish Matte Brown, Stylish Black, Stylish Matte Red, Stylish White.

Harga

Dari segi harga, Genio lebih terjangkau dengan kisaran harga Rp17 juta rupiah, sedangkan Scoopy dibanderol dengan harga Rp19 juta-an rupiah per unitnya untuk on the road Jakarta.

  • Harga Honda Genio CBS-ISS - Rp17.700.000
  • Harga Honda Genio CBS - Rp17.200.000
  • Harga Honda Scoopy Stylish - Rp19.193.000
  • Harga Honda Scoopy Sporty - Rp19.193.000


Baca juga artikel terkait HONDA atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight