Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12T Pro yang Punya Kamera 200MP

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 6 Okt 2022 14:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi 12T Pro dibekali spesifikasi kamera tak main-main: lensa 200MP dengan ukuran sensor besar. Bagaimana soal harga Xiaomi 12T Pro? Cari tahu di sini.
tirto.id - Xiaomi 12T Pro telah diluncurkan untuk pasar global dengan fitur unggulan kamera utama beresolusi 200MP belum lama ini.

Dengan fitur tersebut, Xiaomi mengklaim hasil tangkapan citra dari kamera memiliki kejernihan tinggi, fotografi malam yang kuat pencahayaannya, dan fokus dapat terbidik lebih cepat. Semua itu berkat inovasi baru pada komponen baru dan algoritma AI canggih yang ditanam.

Dirilis pada 4 Oktober 2022, Xiaomi 12T Pro meluncur bersamaan dengan saudaranya, Xiaomi 12T. Kedua smartphone flagship ini memiliki sedikit perbedaan. Salah satunya terletak pada penanaman kamera utama, yang di model 12T memiliki resolusi lebih rendah yaitu 108MP.

Dikutip dari situs Mi Global, kamera 12T Pro dibekali dengan in-sensor 2x zoom. Ukuran sensor yang besar yakni 1/1,22" akan menghadirkan pengalaman mengambil foto atau video yang ideal. Detail yang dihasilkan terasa halus, tidak gelap di pencahayaan minimal, dan tidak kehilangan fokus pada objek yang bergerak.

Sebagai pelengkap, smartphone 12T Pro memiliki fitur Xiaomi ProCut dan Ultra Burst. Kedua fitur tersebut membantu pengguna untuk mengolah video dengan hasil seperti konten profesional.

Pengguna juga dapat berkreasi lewat fitur itu untuk membuat film menarik. Menariknya lagi, Xiaomi 12T Pro sudah mendukung video dengan resolusi penuh 8K.


Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12T Pro


Xiaomi 12T Pro dibesut dengan dapur pacu chipset Snapdragon 8+Gen1 TSMC 4nm. Mesin AI-nya menggunakan Qualcomm AI Generasi ke-7. Ponsel ini memiliki tiga pilihan RAM dan ROM, yaitu 8GB+128GB, 8GB+256GB, dan 12GB+256GB.

Dapur pacu tersebut diklaim mampu mengurangi konsumsi data hingga 33 persen. Dilengkapi pula dengan sistem pembuangan panas untuk menjaga performa ponsel dalam kemampuan optimalnya. Penggunaan ponsel tidak akan mengalami lag akibat kepanasan.

Sementara itu, pada Xiaomi 12T diberikan chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra yang dibangun lewat proses manufaktur TSMC 5nm. Chip tersebut mendapatkan peningkatan pada struktur GP, kinerja, efisiensi daya sampai 30 persen dari pendahulunya.

Menilik baterai, kapasitas daya yang didukung baterai milik Xiaomi 12T Pro sebesar 5.000mAH. Baterai ini telah didukung fitur pengisian cepat HyperCharge 120W. Pengisian penuh daya baterai sampai 100 persen, hanya perlu waktu 19 menit.

Dalam posisi daya penuh dan digunakan secara wajar, 12T Pro dapat aktif hingga 13,5 jam pada kondisi layar menyala. Lalu, ada tambahan fitur Xiaomi Adaptive Charge yang berguna untuk mempelajari rutinitas pengisian daya dari pengguna untuk mengoptimalkan kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Menengok bagian muka, telah disediakan layar 6,67 inci CrystalRes AMOLED. Resolusi layar mencapai 1220p yang memiliki kedalaman warna 68 miliar. Layar ini memberikan tampilan jernih, warna yang detail, dan efisiensi dalam penggunaan daya.

Layar ini secara dinamis menyesuaikan kecepatan refresh-nya berdasarkan konten yang dilihat berkat fitur Adaptive Sync. Hal ini membuat mata tidak cepat lelah saat pemakaian dalam waktu lama. Ditambahkan pula fitur Adaptive Reading yang berguna mengurangi paparan sinar biru dari layar untuk kenyamanan mata.

Xiaomi 12T Series mulai tersedia 13 Oktober 2022 lewat saluran resmi Xiaomi. Khusus Xiaomi 12T Pro, hadir dengan varian penyimpanan 8GB+128GB, 8GB+256GB, dan 12GB+256GB. Harga termurahnya yaitu 749 euro atau sekira Rp11,3 juta.


Baca juga artikel terkait XIAOMI 12T atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight