Spesifikasi Canon EOS R5, Kamera Mirrorless yang Seharga Rp56 Juta

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 10 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Harga Canon EOS R5 dibanderol dengan nilai lebih dari Rp50 juta. Kamera mirrorless terbaru buatan Canon ini pantas menyandang label high-end.
tirto.id - Meramaikan pasar kamera mirrorless, Canon baru saja meluncurkan kamera EOS R5. Kamera ini dilepas ke pasar untuk menyasar pengguna profesional.

Harga Canon EOS R5 dibanderol senilai USD3,899 (tanpa lensa), atau dalam rupiah setara sekitar Rp56 juta. The Verge menuliskan, jika dijual bersama lensa 24-105mm f/4, harga Canon EOS R5 menjadi USD 4,999 atau sekitar Rp72 juta.

Kamera yang pantas menyandang label high-end ini merupakan penerus dari mirroress full-frame pertama produksi Canon, EOS R. Dengan harga senilai puluhan juta, Canon EOS R5 menawarkan banyak keunggulan.

Oleh karena dibekali resolusi mencapai 45 megapiksel, Canon EOS R5 menjadi kamera beresolusi tertinggi dalam jajaran kamera Canon, selain seri EOS 5DS.

Memakai fitur film RAW, Canon EOS R5 mampu merekam film 8K RAW tanpa crop secara internal hingga 30fps full sensor. Sedangkan untuk pemotretan still photography (fotografi gambar diam), EOS R5 mampu memotret dalam resolusi penuh hingga 20fps memakai shutter elektronik, atau 12fps dengan shutter mekanis, hingga 350 jepretan dalam format JPEG (sebanyak 180 file RAW).

Canon EOS R5 sekaligus dibekali dengan 2 slot kartu memori, yakni CFexpress dan kartu memori SD. CFexpress bermanfaat untuk transfer berkecepatan tinggi hingga mendukung kamera dalam melakukan pemotretan beruntun sampai 20fps.

Sementara sensor 45 MP Canon EOS R5 memiliki kisaran sensitivitas ISO dari 100-51.200, yang memungkinkan pengguna tetap memperoleh foto berkualitas tinggi meski kondisi minim cahaya.

Sejumlah peningkatan performa di sektor lain juga dilakukan Canon di kamera EOS R5. Salah satu peningkatan dilakukan di sektor Algoritma AF yang mampu melakukan deteksi tubuh, wajah dan mata subjek hewan: seperti anjing, kucing, hingga burung.

Yang juga pantas disorot di Canon EOS R5 adalah keberadaan in-body image stabilization yang mampu meredam blur karena getaran kamera. Dengan stabilisasi gambar 5-axis pada Canon EOS R5, para pengguna lebih dimudahkan merekam meski dalam kondisi rendah cahaya dan tanpa tripod. Canon mengklaim, jika dipasangkan dengan lensa yang tepat, Canon EOS R5 mampu melakukan hingga 8 stop koreksi goyangan.

Canon EOS R5 pun memiliki jendela bidik elektronik dengan resolusi 5,76 juta titik yang memakai panel OLED. Adapun monitornya berukuran 3,2 inci dengan resolusi 2,2 MP dan didukung teknologi layar sentuh serta model vari-angle.

Dengan sejumlah keunggulan itu, selain fotografer profesional, Canon EOS R5 membidik pula para pembeli dari kalangan kelas amatir tingkat lanjut.

Berikut rincian spesifikasi kunci Canon EOS R5 seperti dilansir Snapshot Canon Asia:

  • Sensor CMOS Dual Pixel 45MP full-frame
  • Perekaman video 8K
  • Burst hingga 12fps/20fps
  • Jendela bidik elektronik (EVF) OLED dengan 5,76 juta titik.
  • Layar sentuh 3,2 inci dengan 2,10 juta titik.
  • Media perekaman: 1x CFExpress, 1x SD, SDHC, atau SDXC (UHS-II SD compatible)
  • Metode fokus: Dual Pixel CMOS AF II.


Baca juga artikel terkait KAMERA MIRORRLESS atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight