Spesifikasi Asus Zenfone 6 Terungkap di Situs Benchmark

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 4 April 2019
Smartphone Asus dengan kode nama ASUS_I01WD muncul di dua situs benchmark, AnTuTu dan Geekbench.
tirto.id - Zenfone 6, calon flagship andalan Asus, spesifikasinya terungkap usai nongol di situs benchmark, AnTuTu. Diketahui perangkat ini bertenaga chipset Snapdragron 855.

Sebagai informasi, benchmark merupakan teknik pengetesan menggunakan suatu nilai standar dengan sebuah program untuk mengukur performa perangkat. AnTuTu salah satu program populer tersebut selain Geekbench.

Zenfone 6 di AnTuTu memakai kode nama ASUS_I01WD dan meraih skor pengujian mencapai 363.172 poin. Selain chipset, spesifikasi lain yang terungkap yaitu kartu grafis, RAM, dan ruang penyimpanannya.

Melansir laman AnTuTu, Kamis (4/4/2019), Snapdragron 855 di Zenfone 6 didukung prosesor octa-core, terdiri dari single-core 2,8GHz, triple-core 2,4GHz, dan quad-core 1,8GHz.

Dapur pacu tersebut dipadukan RAM 6GB untuk mendongkrak performanya. Kartu grafisnya mengandalkan Adreno 640, sedangkan ruang penyimpanan internalnya mencapai 128GB.

Sebagai perbandingan, Zenfone 5 yang diperkenalkan pada tahun lalu masih mengandalkan Snapdragon 636. Varian lainnya, Zenfone 5z tertanam seri Snapdragon 845.

ASUS_I01WD yang menggunakan Snapdragon 855 diperkirakan merupakan seri Zenfone 6 varian flagship atau penerus Zenfone 5z.

Masih dari AnTuTu, Zenfone 6 mengusung layar beresolusi FHD+ atau 2.340 x 1.080 piksel. Ukuran panel depannya masih belum diketahui. Spesifikasi lainnya, Zenfone 6 sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang diprediksi masih dalam balutan antarmuka Zen UI khas Asus.

Zenfone 6 juga diketahui nongol di situs benchmark Geekbench. Melansir Mysmartprice, perangkat ini juga memiliki kode yang sama dengan AnTuTu, yaitu ASUS_I01WD. Skor yang dihasilkan juga cukup tinggi, yaitu 3.527 untuk single-core dan 11.190 untuk multi-core.

Asus Zenfone 6 rencananya debut global di Valencia, Spanyol pada 16 Mei 2019. Berdasarkan teaser yang telah dirilis, menurut GSM Arena, Asus menggunakan tagline "Defy Ordinary" dalam acara peluncuran Zenfone 6 pada bulan depan itu.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis