'Spek' Minimum Hp Android untuk Call of Duty Mobile

Oleh: Ibnu Azis - 25 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Call of Duty Mobile membutuhkan hp Android dengan spesifikasi minimum tertentu agar bejalan mulus tanpa lag.
tirto.id - Activision, selaku pengembang Call of Duty Mobile, isyaratkan game ini dapat dimainkan di hp Android kelas atas. Muncul pertanyaan kemudian, terkait spesifikasi perangkat yang mendukungnya, atau setidaknya bisa menjalankan game itu dengan mulus bebas lag.

Di situs web resminya, Activision sebenarnya menyatakan bahwa saat ini tengah bekerja keras agar Call of Duty Mobile dapat dimainkan di semua perangkat Android tanpa batasan. Meski begitu, Activision tetap menggarisbawahi bahwa Call of Duty Mobile adalah game "ponsel kelas atas."

"Kami bekerja setiap hari untuk mengoptimalkan game untuk ponsel kelas atas dan membuatnya dapat diakses secara luas untuk banyak perangkat lain juga," tulis Activision tanpa menyebut detail spesifikasi minimum perangkat, dikutip Kamis (25/7/2019).

Melansir Hutmobile, spesifikasi hp Android yang disarankan untuk main Call of Duty Mobile, setidaknya menggunakan chipset Snapdragron 625 dengan RAM 3GB dan kartu grafis Adreno 506. Game ini diprediksi memiliki rerata frame rate 30fps. Untuk pengalaman gaming lebih maksimal, disarankan menggunakan perangkat dengan 'spek' di atas itu.

Di Indonesia, smartphone dengan chipset Snapdragron 625 cukup banyak beredar di pasaran. Sebut saja Vivo V9, Xiaomi Mi A1Asus ZenFone 3, Redmi Note 4, termasuk Vivo V5 Plus. Apabila diperhatikan, ponsel-ponsel ini bukan keluaran terbaru. Dapat disimpulkan bahwa Call of Duty Mobile dimungkinkan berjalan di perangkat 'lawas.'


Mengenai Snapdragron 625, merupakan lini SoC (System on a Chip) Qualcomm dari keluarga seri 600. Seri ini diperkenalkan pada 2016. Chip ini merupakan seri 600 pertama dengan fabrikasi 14nm yang menawarkan konsumsi baterai 35 persen lebih hemat dari pendahulunya.

Snapdragron 625 memiliki delapan core Cortex-A53 berkecepatan lebih dari 1GHz. Salah satu inti dari octa-core itu dipasangan dengan GPU Adreno 506. Kartu grafis ini menawarkan grafis lebih baik dan pengalaman 3D untuk aktivitas gaming. Seri ini menekankan pada efisiensi daya.

Adapun Call of Duty Mobile segera meluncur di perangkat Android yang diawali dengan periode praregistrasi. Di Indonesia, game ini akan dirilis oleh Garena. Mengenai praregistrasi Call of Duty versi mobile ini dapat dilakukan di situs web Garena.

Periode praregistrasi Call of Duty Mobile telah dibuka sejak Rabu (24/7). Tidak disebutkan kapan periode itu rampung.

"21.459 prajurit yang telah melakukan pre-registrasi Call of Duty Mobile. Pre-registrasi sekarang!" tulis Garena si situs webnya.

Cara melakukan praregistrasi Call of Duty Mobile di situs web Garena cukup mudah. Ada dua metode yang ditawarkan, yakini Login [menggunakan akun] Garena atau Login Facebook. Ada penawaran khusus dari Garena dalam periode praregistrasi itu.

"Daftar sekarang untuk mendapatkan senjata dan hadiah spesial lainnya," tulis Garena.

Call of Duty Mobile merupakan versi perangkat bergerak game FPS (First Person Shooter) populer Call of Duty yang biasanya dimainkan di PC Desktop maupun laptop. Game besutan Activision ini tak jauh berbeda dengan Call of Duty di PC atau laptop.

Para pemain akan memulai karier dari rookie hingga menjadi legendary dalam mode battle royale. Praregistrasi Call of Duty Mobile dapat dilakukan di situs web Garena pada tautan ini.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight