Sosialisasi Perluasan Ganjil Genap Diberlakukan Mulai Besok 18 Juli

Oleh: Adi Briantika - 17 Juli 2018
Sosialisasi perluasan ganjil genap kendaraan akan dilakukan bersama personel gabungan.
tirto.id - Polda Metro Jaya akan memulai rangkaian sosialisasi uji coba perluasan ganjil genap pada besok Rabu (18/7/2018). Uji coba itu sebelumnya dimulai sejak Senin, 2 Juli 2018.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan sosialisasi perluasan ganjil genap kendaraan akan dilakukan bersama personel gabungan.

“Polda akan menurunkan 142 personel ditambah 100 orang Sabhara, serta 20 propam, dan 20 POM TNI,” jelas dia di Polda Metro Jaya, Selasa (17/7/2018).

Dia menyatakan peraturan ini mulai berlaku mulai 18-31 Juli. Aparat tidak akan menilang masyarakat yang melanggar, tapi kendaraan tersebut akan diminta keluar dari jalur.

Kebijakan perluasan ganjil genap ini berkaitan dengan Asian Games 2018 yang akan berlangsung bulan depan. Program mini disiapkan pemerintah guna mendukung kelancaran pesta olahraga terbesar di Asia itu.

Kebijakan perluasan ganjil genap diterapkan di 10 ruas jalan arteri pada pukul 06.00-21.00 WIB setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu.

Namun dia belum tahu apakah perluasan program itu akan terus diterapkan usain Asian Games. “Saat ini kita fokus ke Asian Games, untuk yang lainnya kita belum tahu,” terang Yusuf.

Yusuf menuturkan adanya perluasan ganjil genap membuat peningkatan kecepatan kendaraan sekitar 11,3 km/jam. “Kalau kecepatan berkurang, artinya terjadi kepadatan,” ucap dia.


Baca juga artikel terkait SISTEM GANJIL GENAP atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yantina Debora