Solusi Gagal Instal MacOS Big Sur Bagi Pengguna MacBook Pro

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 24 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apple menginformasikan sejumlah langkah untuk mengatasi kegagalan dalam menginstal macOS Big Sure.
tirto.id - Sistem operasi macOS Big Sure telah dirilis belum lama ini. Namun, sebagian pengguna perangkat Mac mengeluhkan gagalnya proses penginstalan sistem operasi ini di perangkat mereka. Apple pun memberikan solusinya.

Tips yang dimaksud menyasar pengguna macOS Big Sur di model MacBook Pro (Retina 13 inci yang dirilis di akhir 2013) atau MacBook Pro (Retina 13 inci yang dirilis pada pertengahan 2014).

Pengguna perangkat di atas yang gagal melakukan proses instalasi akan menjumpai pesan bahwa update tidak bisa diinstal di komputer, atau menjumpai layar kosong dan simbol lingkaran dengan garis serong.

Nah, jika kondisi tersebut dihadapi, Apple lewat halaman support resmi mereka menjabarkan solusinya sebagai berkut:

1. Tekan dan tahan tombol power di Mac setidaknya selama 10 detik, kemudian lepaskan. Jika Mac dalam keadaan menyala maka langkah tersebut akan mematikan perangkat.

2. Copot semua perangkat eksternal dari Mac, termasuk aksesoris display dan USB. Pindahkan juga semua kartu yang ada di slot kartu SDXC. Nyalakan kembali Mac Anda.

3. Jika kendala gagal install masih dialami, reset SMC (system management controller) untuk perangkat dengan baterai yang tidak bisa dilepas.

4. Jika kendala serupa masih terjadi, reset NVRAM atau PRAM.

5. Hubungi Apple Support jika solusi di atas tidak bekerja.

Dilansir dari AppleInsider, MacOS Big Sur membawa peningkatan besar dan mengenalkan desain baru, opsi widget baru, update-update penting untuk Safari dan aplikasi lainnya, serta beberapa fitur.

Sejumlah fitur yang dimaksud di antaranya untuk Maps dan Messages. Di sistem operasi ini, Apple menambahkan fitur Pin Conversations, misalnya, yang memungkinkan pengguna menempatkan percakapan di daftar paling atas. Kemudian, ada juga fitur Inline Replies yang memudahkan pengguna dalam membalas pesan tertentu di grup.

Lantas untuk Maps, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut juga melakukan desain ulang dan menambahkan fitur yang lebih memudahkan pengguna dalam mencari destinasi. Fitur-fitur anyar selengkapnya bisa dilihat di situs resmi Apple.

MacOS Big Sur sudah kompatibel dengan model iMac dan Mac mini keluaran 2014 ke atas, iMac Pro keluaran 2017 ke atas, Mac Pro keluaran 2013 ke atas, MacBook Air keluaran 2013 ke atas, MacBook Pro keluaran akhir 2013 ke atas, dan MacBook keluaran 2015 ke atas.



Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight