Soal Tiket Bandung-Medan Rp21 Juta, Traveloka: Ini Kelas Bisnis

Oleh: Maya Saputri - 31 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Traveloka mengonfirmasi viralnya informasi soal harga tiket pesawat Bandung-Medan capai Rp21 juta memang untuk kelas bisnis dan bukan penerbangan langsung (direct flight).
tirto.id - Terkait viralnya informasi soal harga tiket pesawat Garuda Indonesia rute Bandung-Medan hingga Rp21 juta, pihak Traveloka mengonfirmasi harga tersebut memang untuk kelas bisnis dan bukan penerbangan langsung (direct flight).

"Harga tersebut adalah harga kelas bisnis yang tentu saja jauh lebih mahal dibanding harga kelas ekonomi, yang pada saat viral kemarin sudah habis," ujar Public Relation Director Traveloka, Sufintri Rahayu, dalam rilis pers tertulis kepada Tirto, Jumat (31/5/2019).


"Kami juga mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk jeli meneliti pembelian. Pemilihan pesawat sangat mudah sekali diatur sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen," tambahnya.

Sufintri juga menjelaskan kembali untuk dapat memilih penerbangan langsung (direct flight), pengguna juga dapat dengan mudah melakukan filter daftar maskapai dengan cara sebagai berikut:

  1. Setelah menentukan tujuan, tanggal bepergian, dan kelas penerbangan, halaman akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, pilih menu filter.

  2. Pada bagian ‘Transit’, pilih menu ‘Langsung’, untuk hanya menampilkan penerbangan langsung.

  3. Klik ‘Pilih Penerbangan’

  4. Laman akan menampilkan hasil pencarian daftar maskapai dengan penerbangan langsung

  5. Pengguna juga kami imbau untuk memastikan bahwa kelas penerbangan yang dicari sesuai dengan keinginan. Misal, jika ingin mencari kelas ekonomi, maka pada laman awal pencarian dapat memilih kelas ekonomi.

Menurut Sufintri, harga dan ketersediaan stok tiket sifatnya dapat terus berubah secara real-time. Untuk itu, katanya, pihak Traveloka menyarankan pengguna untuk dapat melakukan pengecekan terus secara berkala, dan mengatur fitur Price Alert yang tersedia di platform kami, terutama di saat-saat peak season seperti sekarang ini.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tiket pesawat Bandung-Medan yang mencapai Rp21 juta yang tertera di situs perjalanan Traveloka dinilainya tidak masuk akal.

Menurutnya, besaran tarif yang muncul adalah informasi menyesatkan yang membuat masyarakat resah. Karena sebenarnya harga tiket tersebut bukan harga penerbangan langsung, namun merupakan rute transit ke beberapa daerah.

Yang membuat Budi Karya berpandangan hal tersebut menyesatkan adalah rute yang diambil tak masuk akal karena harus membuat perjalanan mondar-mandir.

“Tiket transit yang tidak masuk di akal, bikin tiket dari Bandung ke Bali. Dari Bali-Jakarta. Jakarta ke Kualanamu,” kata dia di Kementerian Perhubungan, Kamis (30/5/2019).

Untuk itu, Budi Karya meminta Garuda Indonesia sebagai maskapai penyedia jasa penerbangan berplat merah untuk memberikan teguran kepada Traveloka yang menyajikan plihan perjalanan dengan rute transit tersebut.

Berdasarkan penelusuran Tirto, tiket pesawat Garuda Indonesia kelas bisnis dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kualanamu, Medan yang ada di situs perjalanan memang mencapai Rp21 juta.

Untuk perjalanan tanggal 31 Mei 2019 di situs Traveloka harganya dari Rp21,5 juta hingga Rp22,5 juta. Sedangkan di situs Tiket.com untuk perjalanan di tanggal yang sama harganya juga sama.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maya Saputri
Editor: Agung DH