Menuju konten utama
Contoh Soal UTBK SNBT 2024

20 Soal Silogisme UTBK SNBT 2024 Penalaran Analitis & Jawabannya

Berikut 20 contoh soal silogisme UTBK SNBT 2024 submateri penalaran analitis dan kunci jawabannya.

20 Soal Silogisme UTBK SNBT 2024 Penalaran Analitis & Jawabannya
Sejumlah peserta bersiap mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) saat seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (8/5/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

tirto.id - Contoh soal silogisme UTBK SNBT 2024 sub-materi penalaran analitis dan jawabannya akan disajikan di bawah ini. Kumpulan soal penalaran analitis UTBK ini dapat digunakan oleh peserta sebagai bahan latihan sebelum menghadapi tes yang sebenarnya.

Peserta dapat mempersiapkan diri jelang UTBK SNBT 2024 dengan cara mengerjakan soal-soal tes tahun sebelumnya. Itu berguna untuk melatih kemampuan dalam mengerjakan soal, baik ketepatan maupun kecepatan.

Salah satu materi yang diujikan adalah silogisme penalaran analitis. Saat ini, masih banyak peserta yang bingung terkait silogisme ini. Lalu, apa itu penalaran analitis?

Secara definitif, silogisme merupakan suatu proses penarikan kesimpulan yang dilakukan secara deduktif. Silogisme tersusun dari dua proposisi (pernyataan) dan satu kesimpulan.

Jadi tes penalaran analitis adalah tes yang akan menguji kemampuan siswa dalam menganalisis informasi yang kompleks hingga didapatkan kesimpulan/penalaran logis dan analitis dari informasi tersebut.

Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 dijadwalkan dalam dua tahap yakni gelombang I dan gelombang II. UTBK gelombang pertama dilaksanakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, sementara tahap kedua dijadwalkan pada 14-20 Mei mendatang.

Contoh Soal Penalaran Analisis UTBK SNBT 2024

UTBK SNBT 2024 dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat apabila calon peserta sering mengerjakan latihan soal. Berikut contoh soal UTBK materi silogisme dan kunci jawabannya.

Soal nomor 1-2 berdasarkan informasi di bawah ini!

Sebuah kelas privat kelompok bimbingan belajar terdiri atas lima orang anak. Hari ini mereka ada jadwal belajar Bersama. Hilman datang sebelum Marni, Marni datang sesudah Kaka tetapi sebelum Udin. Kaka datang sesudah Hilman. Ririn datang sesudah Udin.

1. Anak yang pertama kali datang adalah …

A. Hilman

B. Marni

C. Udin

D. Kaka

E. Ririn

Jawaban : A

2. Anak yang terakhir datang adalah …

A. Hilman

B. Marni

C. Udin

D. Kaka

E. Ririn

Jawaban : E

Soal nomor 3-6 berdasarkan informasi di bawah ini.

Angga, Riza dan Dita berada di sebuah toko buah. Mereka sepakat untuk membeli buah mangga, durian, jeruk, dan apel.

- Angga tidak membeli buah Mangga

- Jika Riza membeli buah Apel maka Dita memilih buah Jeruk

- Jika ada yang membeli buah Durian maka tidak ada yang memilih buah Jeruk

3. Pada pernyataan di atas, jika Angga membeli buah jeruk, dan Riza membeli buah mangga, pernyataan yang benar adalah .…

A. Angga bisa juga membeli Durian

B. Riza dan Dita sama-sama membeli buah Apel

C. Angga dan Dita bisa membeli Jeruk

D. Dita bisa membeli Mangga ataupun Apel

E. Hanya Riza yang bisa membeli Mangga

Jawaban: D

4. Berdasarkan kondisi pada nomor sebelumnya maka buah yang bisa dibeli Dita adalah …

A. Mangga dan Apel

B. Durian dan Jeruk

C. Apel dan Jeruk

D. Hanya Mangga saja

E. Semua buah bisa

Jawaban: A

5. Jika tidak ada yang membeli Durian dan Apel maka pernyataan yang benar adalah …

A. Dita bisa membeli Jeruk dan Mangga

B. Angga hanya bisa membeli Jeruk saja

C. Angga bisa membeli Jeruk dan Mangga

D. Riza bisa membeli Jeruk dan Mangga

E. Riza hanya bisa membeli Mangga saja

Jawaban: C

6. Berdasarkan kondisi pada nomor sebelumnya maka buah yang bisa dibeli oleh Angga adalah …

A. Jeruk saja

B. Mangga saja

C. Durian saja

D. Durian dan Jeruk

E. Mangga dan Jeruk

Jawaban: E

Soal nomor 7-10 berdasarkan informasi di bawah ini

Pada sebuah olimpiade Kimia, lima peserta berkompetisi untuk mendapatkan nilai tertinggi. Nilai Amar melebihi nilai Yoga, tetapi tidak melebihi nilai Oskar. Sedangkan nilai Bahar di bawah Rio tetapi di atas Oskar.

7. Peserta yang berada di urutan ketiga adalah …

A. Oskar

B. Rio

C. Bahar

D. Amar

E. Yoga

Jawaban : A

8. Peserta yang berada di urutan keempat adalah …

A. Oskar

B. Rio

C. Bahar

D. Amar

E. Yoga

Jawaban : D

9. Peserta yang berada di urutan paling akhir adalah …

A. Oskar

B. Rio

C. Bahar

D. Amar

E. Yoga

Jawaban : E

10. Peserta yang menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut adalah …

A. Oskar

B. Rio

C. Bahar

D. Amar

E. Yoga

Jawaban : B

Soal nomor 11-16 berdasarkan informasi di bawah ini

Terdapat enam jenis buku pelajaran disusun berderet dalam suatu rak khusus. Buku tersebut adalah buku IPA, IPS, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Penjaskes. Rak buku tersebut memiliki penataan jenis buku pelajaran sebagai berikut :

- Buku Penjaskes berada di sebelah kanan buku Bahasa Indonesia

- Buku Bahasa Indonesia berada di antara buku Pendidikan Agama dan buku Penjaskes

- Buku Pendidikan Agama berada paling kiri rak

- Buku IPS terletak di ujung kanan rak

- Buku IPA berada di sebelah kanan buku Matematika

11. Urutan jenis buku pelajaran pada rak tersebut dari kiri ke kanan adalah …

A. Buku Pendidikan Agama, Penjaskes, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS

B. Buku IPS, Penjaskes, Matematika, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan IPA

C. Buku Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Penjaskes, Matematika, IPA dan IPS

D. Buku Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Matematika, Penjaskes, IPA dan IPS

E. Buku IPS, Bahasa Indonesia, Penjaskes, IPA, Matematika dan Pendidikan Agama

Jawaban: C

12. Jika buku penjaskes dipindah di ujung kiri rak buku maka urutannya menjadi:

A. Buku Penjaskes, Pendidikan Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS

B. Buku Penjaskes, IPS, Matematika, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan IPA

C. Buku Penjaskes, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan Pendidikan Agama

D. Buku Penjaskes, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Matematika, IPA dan IPS

E. Buku Penjaskes, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS

Jawaban: E

13. Jika posisi urutan letak buku pelajaran disesuaikan dengan jawaban pada soal nomor sebelumnya, buku Pendidikan Agama berada di antara ....

A. Buku Penjaskes dan Matematika

B. Buku Penjaskes dan Bahasa Indonesia

C. Buku IPS dan Penjaskes

D. Buku IPA dan Matematika

E. Buku Bahasa Indonesia dan Matematika

Jawaban: B

14. Jika pada susunan semula, buku Matematika bertukar posisi dengan buka IPA dan buku Bahasa Indonesia bertukar posisi dengan buku Penjaskes maka pernyataan yang benar adalah ....

A. Buku Matematika berada di sebelah kanan buku Bahasa Indonesia

B. Baku IPA berada di sebelah kiri buku Pendidikan Agama

C. Baku Matematika berada di antara buku IPS dan buku Bahasa Indonesia

D. Buku Bahasa Indonesia berada di sebelah kiri buku IPA

E. Buku IPA berada di antara buku Pendidikan Agama dan buku Matematika

Jawaban: D

15. Jika pada susunan semula, buku Matematika dipindah di ujung kiri rak buku, kemudian buku Pendidikan Agama dipindah di sebelah kanan buku IPA, susunannya menjadi ....

A. Buku Matematika, Penjaskes, IPS, IPA, Pendidikan Agama dan Bahasa Indonesia

B. Bku Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Pendidikan Agama, Penjaskes dan IPS

C. Buku Matematika, Bahasa Indonesia, Penjaskes, IPA, Pendidikan Agama dan IPS

D. Buku Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Pendidikan Agama, IPS dan Penjaskes

E. Buku Matematika, IPA, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Penjaskes dan IPS

Jawaban: D

16. Berdasarkan soal nomor sebelumnya, letak buku Bahasa Indonesia adalah ….

A. Di sebelah kanan buku Penjaskes

B. Di sebelah kanan buku Matematika

C. Di sebelah kiri buku IPS

D. Di antara buku IPA dan buku Penjaskes

E. Di antara buku Penjaskes dan buku Pendidikan Agama

Jawaban: B

Soal nomor 17-20 berdasarkan informasi di bawah ini

Lima orang anak yang terdiri dari Anjar, Erwin, Pandu, Hendri, dan Siska, memiliki sepatu dengan jumlah yang berbeda. Rinciannya adalah:

- Sepatu milik Siska lebih banyak dari milik Hendri dan Pandu

- Sepatu milik Anjar sama banyaknya dengan sepatu milik Pandu

- Sepatu milik Erwin lebih banyak dari sepatu milik Pandu, tetapi tidak lebih banyak dari sepatu Siska

- Sepatu milik Hendri lebih banyak dari sepatu milik Anjar

17. Pernyataan yang salah, sesuai bacaan di atas, adalah .…

A. Sepatu milik Pandu lebih banyak dari sepatu Hendri

B. Sepatu paling sedikit adalah sepatu milik Pandu

C. Sepatu milik Siska lebih banyak dari sepatu milik Erwin

D. Sepatu milik Pandu dan Anjar sama banyak

E. Sepatu paling sedikit adalah sepatu milik Pandu dan Anjar

Jawaban: A

18. Sepatu yang paling banyak adalah sepatu milik …

A. Hendri

B. Siska

C. Anjar

D. Erwin

E. Pandu

Jawaban: B

19. Jika sepatu Erwin lebih banyak daripada milik Hendri, pernyataan yang benar adalah ….

A. Sepatu milik Anjar lebih banyak dari sepatu milik Hendri

B. Sepatu milik Erwin adalah sepatu paling banyak

C. Sepatu milik Anjar dan Pandu adalah sepatu paling sedikit

D. Sepatu milik Hendri lebih banyak dari sepatu milik Siska

E. Jumlah sepatu milik Pandu dan milik Hendri lebih banyak dari sepatu milik Erwin

Jawaban: C

20. Pernyataan yang benar berdasarkan informasi tambahan pada soal nomor sebelumnya adalah …

A. Sepatu milik Hendri lebih banyak dari sepatu milik Siska

B. Sepatu milik Erwin lebih banyak dari sepatu mulik Anjar

C. Sepatu milik Erwin sama banyak dengan sepatu milik Siska

D. Sepatu milik Anjar tidak sama banyak dengan sepatu milik Pandu

E. Sepatu milik Hendri lebih banyak dari sepatu milik Pandu

Jawaban: B

Baca juga artikel terkait UTBK SNBT 2024 atau tulisan lainnya dari Muhammad Hufron

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Muhammad Hufron
Penulis: Muhammad Hufron
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Dhita Koesno