Reshuffle Kabinet 2020

Soal Pengganti Sakti Wahyu Trenggono, Prabowo Serahkan ke Jokowi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 22 Desember 2020
Pengganti Sakti Wahyu Trenggono sebagai wamenhan diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi usai ia ditunjuk jadi menteri kelautan dan perikanan.
tirto.id - Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mendapat amanah baru dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang ditangkap KPK karena terjerat suap.

Trenggono diperkenalkan ke publik oleh Jokowi pada Selasa (22/12/2020) dan akan dilantik sebagai menteri kelautan dan perikanan, Rabu besok (23/12/2020).

Lantas bagaimana dengan jabatan Wamenhan dan Sekretaris KKIP yang baru dijabat Sakti Wahyu Trenggono?

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, jabatan Wamenhan dikembalikan kepada Jokowi sebagai Presiden RI. Prabowo menyerahkan sepenuhnya kepada mantan Walikota Solo itu.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada presiden," kata Dahnil saat dikonfirmasi reporter Tirto, Selasa (22/12/2020).

Dahnil pun mengatakan, kursi Sekretaris KKIP yang diemban Trenggono pun akan diserahkan kepada Wamenhan baru. Semua tergantung kepada Presiden Jokowi, kata Dahnil.

"Jabatan Sekretaris KKIP itu exofficio, jadi siapapun Wamenhan yang nanti ditunjuk oleh presiden akan jadi Sekretaris KKIP," kata Dahnil.




Baca juga artikel terkait RESHUFFLE MENTERI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight