Soal Dinasti Politik Amien Rais, Hanum: Saya Tidak Wakili Keluarga

Oleh: Irwan Syambudi - 2 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dua anak politikus senior PAN Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais dan Baihaqy Rais baru saja dilantik jadi anggota DPRD DIY. Hanum menampik bahwa ia duduk di kursi parlemen untuk mewakili keluarga.
tirto.id - Dua anak politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais dan Baihaqy Rais baru saja dilantik jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DI Yogyakarta. Hanum menampik bahwa ia duduk di kursi parlemen untuk mewakili keluarga.

"Saya rasa kehadiran saya dan Haqi bukan mewakili satu orang atau satu keluarga tapi mewakili masyarakat. Tadi kan disumpah jabatan kita juga mewakili masyarakat yang telah memilih kami," kata Hanum usai dilantik di gedung DPRD DIY, Senin (2/9/2019).

Hanum mengatakan bahwa keberhasilannya menduduki kursi DPRD DIY bukan karena pengaruh keluarga, atau karena ayahnya adalah Ketua Dewan Kehormatan PAN. Namun ia mengatakan posisi yang ia tempati saat ini telah melalui proses kepartaian.

"Saya rasa kami sudah melalui suatu mekanisme kepartaian, kami ikut bertarung. Kami duduk di sini juga istilahnya melalui sister meritokrasi dan ya nanti kita lihat kapabilitas dan kompetensi kami," kata dia.

Namun, ia tak menampik bahwa memang mendapatkan banyak nasihat dari sang ayah. Terlebih sebelum dilantik menjadi anggota DPRD DIY, Hanum mengaku mendapat banyak wejangan dari sang ayah.

"Sebelum ke sini sungkeman juga dengan Pak Amien dan Bu Amien selaku orang tua saya. [Mereka] juga memberi wejangan bahwa ini sebuah jabatan yang bisa menjadi jalan tol kalian ke surga tapi juga bisa jadi jalan tol kalian ke neraka," kata Hanum.

Hanum mengatakan sebelum dilantik ia bersama adiknya Baihaqy Rais bersama-sama sungkem meminta restu dan wejangan. Selain memberikan wejangan ayahnya, kata Hanum, juga memberikan pesan.

"Pak Amien juga mengingatkan tentang pentingnya belajar dengan yang sudah senior. Teman-teman yang jadi kolega saya juga sangat mumpuni sudah ada berapa periode [jadi anggota DPRD]," kata dia.

Selain itu, karena ia adalah seorang perempuan, ayahnya mengingatkan agar segala sesuatunya dikonsultasikan kepada suami.

Sementara itu Baihaqy mengatakan ia juga mendapatkan pesan dari sang ayah sebelum dilantik. Amien Rais kepada putra bungsunya itu berperan agar selalu menjaga amanah.

"Pesan bapak yang jelas sebagai wakil rakyat ya kita harus amanah. Mementingkan kepentingan masyarakat. Jangan mengecewakan para pemilih yang telah memilih kita," kata Baihaqy.

Sebagai pendatang baru di dunia politik, Baihaqy mengatakan akan banyak belajar dari para senior. Dan ia mengatakan siap untuk bekerja sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan masyarakat yang telah memilihnya.

Pada Pemilu Legislatif 2019 empat putra Amien Rais mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Dua di tingkat DPR RI yakni Hanafi Rais dan Mumtaz Rais, sedangkan dua di antaranya maju di DPRD DIY yakni Hanum dan Baihaqy Rais.

Namun dari empat hanya tiga yang berhasil menduduki kursi legislatif. Mumtaz Rais yang maju dari dapil Jawa Tengah VI gagal melenggang ke Senayan.

Sementara Hanafi yang maju dari dapil DIY berhasil menduduki kursi DPR. Hal itu diikuti dua saudaranya yang mendapatkan kursi DPRD DIY yakni Hanum dari dapil Sleman Timur dan Baihaqy dari dapil Kulon Progo.


Baca juga artikel terkait POLITIK DINASTI atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri
DarkLight