Soal Cawagub DKI Jakarta, Anies: Saya Tunggu Suratnya

Oleh: Damianus Andreas - 12 Februari 2019
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanti surat dari Partai Gerindra dan PKS soal cawagub yang disodorkan partai pendukungnya pada Pilgub DKI.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunggu surat yang diteken PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan Partai Gerindra soal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Anies, surat dari kedua partai politik setelah ditekan akan diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta.

“Saya menunggu. Katanya tidak lama lagi mereka akan mengirimkan nama. Begitu sampai, langsung saya kirimkan ke DPRD DKI Jakarta,” kata Anies saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (12/2/2019).


Meski belum disahkan oleh kedua partai pengusung Anies dalam Pilgub DKI Jakarta, namun sudah muncul dua nama calon wakil gubernur yang bakal diajukan ke Anies ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Kedua nama itu disebut merupakan hasil rekomendasi dari tim panelis yang dilibatkan dalam tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Saat disinggung mengenai kepastian dua nama tersebut, Anies enggan menjawabnya. Ia mengatakan, belum dapat menanggapi dua nama tersebut selama belum ada surat yant menyebutnya.

Anies tidak bisa memastikan kapan surat itu akan diterimanya. “Enggak mungkin saya komentar nama yang beredar itu. Tapi saya tunggu surat, dan suratnya belum juga datang sampai Selasa (12/2/2019) pukul 15.00 WIB ini,” ucap Anies.

Proses penentuan calon wakil gubernur DKI Jakarta belum menunjukkan langkah maju. Jadwal yang sedari awal disepakati untuk menetapkan dua nama pada Minggu (10/2/2019) dan kemudian diserahkan kepada Anies pada Senin (11/2/2019) molor lantaran belum ada tanda tangan dari Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M. Taufik.

DPW PKS DKI Jakarta pun akhirnya menyebutkan bahwa kedua calon yang lolos tahapan fit and proper test yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Namun setelah pengumuman itu dinilai tidak etis, PKS pun menganulirnya dengan menyatakan, penentuan kedua nama itu belum final.


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Zakki Amali