Menuju konten utama
Contoh Soal dan Jawaban

Soal Asesmen Madrasah Aliyah Kelas 12 Bahasa Indonesia & Jawaban

Contoh soal Asesmen Madrasah bagi Madrasah Aliyah (MA) kelas 12 beserta kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Soal Asesmen Madrasah Aliyah Kelas 12 Bahasa Indonesia & Jawaban
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMK Duta Karya, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2022). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

tirto.id - Contoh soal Asesmen Madrasah bagi Madrasah Aliyah (MA) kelas 12 beserta kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai acuan dalam menjalankan Asesmen Madrasah tahun 2023.

Asesmen Madrasah yang disingkat AM ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Asesmen Madrasah atau Ujian Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah.

Hal tersebut bertujuan, untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) mencakup seluruh mata pelajaran (mapel) yang diajarkan di kelas akhir pada madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal.

Contoh Soal Asesmen Madrasah Kelas 12 Madrasah Aliyah

1. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal no 1 dan 2

Wabah merokok dapat diatasi dengan berbagai strategi. Bank Dunia menyarankan agar strategi pembatasan rokok disesuaikan dengan kebutuhan setiap negara. Pembatasan hendaknya mencakup meningkatkan pajak, menerbitkan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian tentang dampak merokok pada kesehatan, menambah label peringatan merokok yang mencolok, mengadakan larangan iklan dan promosi rokok yang menyeluruh, membatasi orang merokok di tempat kerja dan tempat-tempat umum, serta memperluas akses pada terapi-terapi penghentian merokok lainnya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah .....

A. Strategi mengatasi wabah merokok

B. Saran membatasi strategi merokok

C. Wabah merokok yang merajalela

D. Penelitian tentang dampak merokok

E. Cara penghentian merokok

Jawaban: A

2. Arti istilah strategi adalah ......

A. Alat untuk mendeteksi sesuatu

B. Aturan yang harus ditaati

C. Kekuatan yang sudah dimiliki

D. Bantuan yang dapat dimanfaatkan

E. Cara untuk melakukan sesuatu

Jawaban: E

3. Cermati kalimat berikut!

Jika kecelakaan menimpa Anda saat sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama saat masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.

Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...

A. Sudahkah Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?

B. A Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?

C. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?

D. Mengapa handuk atau sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?

E. Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?

Jawaban: A

4. Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.

Kutipan teks di atas termasuk salah satu struktur teks laporan hasil observasi, yaitu...

A. Simpulan

B. Pernyataan umum

C. Deskripsi bagian

D. Orientasi

E. Resolusi

Jawaban: B

5. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Menemukan strategi yang tepat untuk dunia pendidikan nasional merupakan topik yang sering mencuat di kalangan akademisi tanah air. Pada dasarnya, pendidikan tidak hanya sekedar melibatkan proses penambahan pengetahuan (intelektualitas) saja, tetapi juga harus mengarah pada pengembangan karakter, watak (akhlak), dan motivasi di kalangan peserta didik. Negara seperti Indonesia, dengan populasi keempat terbesar di dunia, harus mampu mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pengembangan bakat. Pengembangan sumber daya manusia memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan eksplorasi sumber daya alam.

Makna kata eksplorasi pada paragraf di atas adalah ….

A. penyelidikan

B. penjelajahan

C. penemuan baru

D. penjajakan

E. penelitian

Jawaban: B

6. Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” Maka dihunusnya pedangnya, lalu dipasangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit.

Nilai moral dalam kutipan tersebut yang masih dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah...

A. Marah melihat sesuatu yang tidak sesuai dalam pandangannya.

B. Menghukum yang berperilaku jahat.

C. Lebih mempercayai ular

D. Melakukan perburuan di hutan tanpa mengenal batas.

E. Berlaku kasar kepada orang yang tidak disukai.

Jawaban: E

7. Bacalah kedua kutipan teks novel berikut!

Teks 1

Tak susah melukiskan sekolah kami, karena sekolah kami adalah salah satu dari ratusan atau mungkin ribuan sekolah miskin di seantero negeri ini yang jika disenggol sedikit saja oleh kambing yang senewen, bisa rubuh berantakan. Kami memiliki enam kelas kecil-kecil, pagi untuk SD Muhammadiyah dan sore untuk SMP Muhammadiah. Maka kami, sepuluh siswa baru ini bercokol selama sembilan tahun di sekolah yang sama dan kelas-kelas yang sama, bahkan susunan kawan sebangku pun tak berubah selama Sembilan tahun SD dan SMP itu.

(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

Teks 2

Setelah aku diwisuda sebagai sarjana ilmu hukum, aku kemudian memilih pulang ke Rimbo Pematang. Aku membantu mengajar di SMA Rimbo Parit dengan status honorer, sekolah tempatku menyelesaikan sekolah dulu. Aku memegang mata pelajaran Tata Negara dan Sejarah. Seperti ketika sekolah dulu, aku bolak-balik dari rumah ke kota kecamatan tersebut dari rumah jalan kaki beberapa ratus meter ke dermaga penyeberangan dengan perahu di pinggir sungai, kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat ke Rimbo Parit. Begitu setiap hari pulang-pergi.

(Nyanyi Sunyi dari Indragiri , Hary B Kori'un)

Perbandingan sudut pandang yang digunakan dalam kedua teks di atas adalah ..

A. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III, teks 2 menggunakan sudut pandang orang I

B. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang I, teks 2 menggunakan sudut pandang orang III

C. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang I, teks 2 menggunakan sudut pandang orang I

D. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III, teks 2 menggunakan sudut pandang orang III

E. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III jamak, teks 2 menggunakan sudut pandang orang III tunggal.

Jawaban: C

8. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini:

(1) Pemberian penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda.

(2) Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.

(3) Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.

(4) Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.

Kalimat tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. Semua Kalimat benar

Jawaban: D

9. Perhatikan teks eksposisi berikut!

(1) Struktur bahasa akan mempengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku. (2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau minum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich möchte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7) Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antar sesama. (8) Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa mempengaruhi budaya masyarakatnya.

Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….

A. 1, 3, dan 4

B. 2, 3, dan 5

C. 3, 4, dan 5

D. 2, 5, dan 6

E. 2, 7, dan 8

Jawaban: C

10. Bacalah kutipan hikayat berikut!

Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya pedangnya, lalu dipasangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit. Nilai moral dalam kutipan tersebut yang masih dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah...

A. Marah melihat sesuatu yang tidak sesuai dalam pandangannya.

B. Menghukum yang berperilaku jahat.

C. Lebih mempercayai ular.

D. Melakukan perburuan di hutan tanpa mengenal batas.

E. Berlaku kasar kepada orang yang tidak disukai.

Jawaban: E

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL ASESMEN MADRASAH atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani