SMUP Unpad 2022: Jadwal, Syarat, Biaya, dan Cara Daftar

Penulis: Abdul Hadi - 24 Jun 2022 22:43 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Seleksi Mandiri Unpad atau SMUP Unpad 2022 telah dibuka mulai 1 Maret hingga 27 Juni mendatang. Berikut ini jadwal, syarat, dan cara daftarnya.
tirto.id - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri, baik untuk program Sarjana maupun Sarjana Terapan. Jadwal Seleksi Masuk Unpad (SMUP) 2022 jalur mandiri telah dibuka sejak 1 Maret dan akan berakhir pada 27 Juni mendatang.

Kampus yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tersebut merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia.

Dilansir laman resmi Unpad, jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar ke Unpad melalui jalur SBMPTN sebanyak 56.529 orang. Padahal, total peserta yang diterima tidak sampai 3.000 orang, tepatnya hanya berada di angka 2.688.

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Unpad masuk 10 besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan nilai rerata tertinggi di SBMPTN. Untuk kelompok Saintek, Unpad berada pada peringkat 8 dengan nilai rerata UTBK 619,94. Sementara itu, di kelompok Soshum, Unpad menduduki peringkat 5 dengan nilai rerata UTBK 649,07.

Program pendidikan Unpad memfasilitasi sebanyak 16 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Hukum, Pertanian, Ekonomi & Bisnis, Kedokteran, Matematika & IPA, Kedokteran Gigi, Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Ilmu Budaya, Psikologi, Peternakan, Ilmu Komunikasi, Keperawatan, Perikanan & Ilmu Kelautan, Teknologi Industri Pertanian, Farmasi, serta Teknik Geologi.

Persentase kuota penerimaan mahasiswa baru program sarjana jalur mandiri Unpad 2022 berkisar 40-50 persen dari total daya tampung. Sementara itu, sisanya telah diisi oleh para pendaftar dari jalur Prestasi, SNMPTN, serta SBMPTN yang baru saja rampung digelar.

Unpad masih membuka kesempatan seleksi mandiri hingga 27 Juni mendatang, diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang gagal lolos SNMPTN, SBMPTN, atau bahkan belum mendaftar keduanya.


Syarat Daftar Seleksi Mandiri Unpad 2022


Syarat pendaftaran SMUP jalur mandiri sama sekali tidak memberatkan. Semua lulusan SMA/SMK/sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022 boleh mendaftarkan diri.

Pendaftaran SMUP jalur mandiri 2022 terdiri dari 2 skema. Setiap pendaftar hanya bisa memilih salah satu dari dua skema tersebut.

Skema pertama membolehkan peserta mendaftar dengan hanya menggunakan nilai UTBK 2022. Sedangkan jika memilih skema kedua, peserta akan berpatokan pada nilai SMUP. Tes seleksinya sendiri baru akan dilangsungkan pada 7 Juli mendatang.

Berikut ini ketentuan lain ihwal pemilihan program studi yang mesti dipenuhi oleh calon pendaftar SMUP jalur mandiri:
  1. Peserta yang menggunakan nilai UTBK kelompok Saintek/Soshum hanya bisa memilih dua Program Studi dari kelompok Saintek atau Soshum sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang telah dimiliki.
  2. Peserta yang menggunakan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih dua Program Studi lintas kelompok ilmu dari kelompok Saintek dan Soshum.
  3. Peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua Program Studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Soshum).
  4. Peserta yang akan memilih program studi yang berbeda dengan kelompok ujian UTBK yang telah diikuti, diharuskan untuk mengikuti ujian SMUP.
  5. Peserta lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 dari Jurusan IPA atau IPS yang mengambil ujian SMUP, bebas memilih program studi sesuai minatnya (bisa lintas jurusan atau kelompok ilmu).

Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri Unpad 2022


Pendaftaran SMUP 2022 jalur mandiri telah dibuka sejak 1 Maret lalu dan akan berakhir pada 27 Juni mendatang. Setelah mendaftar, calon mahasiswa baru mesti melalui beberapa tahap sebelum melaksanakan ujian seleksi mandiri secara daring pada 7 Juli mendatang.

Berikut ini rincian jadwal proses SMUP 2022 jalur mandiri:

  • Rangkaian Proses Pendaftaran (Mengisi data, pembayaran biaya seleksi, serta unggah dokumen persyaratan): 1 Maret - 27 Juni 2022
  • Simulasi Ujian (Jadwal disampaikan melalui SMS): 4-5 Juli 2022
  • Pelaksanaan Ujian Seleksi: 7 Juli 2022
  • Pengumuman: 18 Juli 2022


Cara Daftar Seleksi Mandiri Unpad 2022


Berikut ini tata cara daftar SMUP jalur mandiri program sarjana secara umum:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Adapun rincian daftar formulir yang mesti diisi adalah sebagai berikut:

  • Nama lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat surel (email)
  • Nomor ponsel
  • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  • Data kewarganegaraan (country of citizenship)

3. Mengunggah sejumlah dokumen asli identitas diri, sebagai berikut:

  • Ijazah SMA/MA/SMK
  • Ijazah SMA bagi peserta yang pilihan prodinya di UNPAD linear dengan jurusan di SMA. Bagi yang pilihan prodinya di unpad tidak linear dengan jurusan di SMA (lintas jurusan) dan bagi lulusan SMK, nilai rapor bisa diisi dengan 0 (Nol).
  • Kartu Peserta UTBK Tahun 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  • Menginputkan No. Peserta UTBK 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online. Berikut ini rincian daftar biaya sesuai skema pendaftaran yang dipilih:

  • Skema 1 : sebesar Rp. 100.000,-
  • Skema 2 : sebesar Rp. 200.000,-

6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Pendaftaran SMUP bagi Peserta KIP-K


Pihak Unpad juga memfasilitasi calon pendaftar SMUP jalur mandiri 2022 yang memiliki Kartu Indonesia Pintar - Kuliah (KIP-K).

Berikut ini prosedur pendaftaran jalur KIP-K yang mesti diikuti:

1. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengisi informasi sebagai berikut:

  • Nama lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat surel (email)
  • Nomor ponsel
  • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  • Data Kewarganegaraan (country of citizenship)

2. Memilih jalur masuk KIP-K pada menu bagian "minat".

3. Melengkapi isian pada bagian "nomor pendaftaran KIP-K".

4. Mengunggah KIP-K pada bagian unggah dokumen.

5. Pendaftar KIP-K tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

Informasi tambahan:

Setelah dinyatakan diterima di Unpad pada Program Sarjana/Sarjana Terapan melalui jalur masuk KIP-K, calon mahasiswa wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (waktu pelaksanaan nakal diinfokan lebih lanjut)

Sementara itu, bagi yang tidak lolos sebagai mahasiswa baru Unpad penerima Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K), diharapkan bersedia membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan besaran biaya yang telah diverifikasi.


Baca juga artikel terkait SMUP UNPAD atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight