Skuter Matik yang Rilis Selama 2019, Honda ADV 150 hingga NMax

Oleh: Yantina Debora - 27 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar skuter matik yang rilis selama tahun 2019 yaitu Honda Genio, Honda ADV 150, Yamaha NMax 2020 hingga Kymco Like 150i.
tirto.id - Produsen sepada motor mulai dari Honda hingga Yamaha meluncurkan produk unggulannya pada 2019, salah satunya skuter matik. Honda misalnya meluncurkan ADV 150 di pasar sepeda motor Indonesia. Motor baru Honda ini mengusung mesin 4 tak 150 cc SOHC.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 10,7 kW pada 8.500 rpm dengan torsi maksimal 13,8 Nm pada 6.500 rpm. Selain Honda ADV 150, Honda juga meluncurkan skutik Genio dengan mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC generasi terbaru.

Motor ini dilengkapi sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal.

Yamaha juga tak mau ketinggalan dengan meluncurkan Yamaha NMax 2020 di penghujung tahun 2019. Yamaha melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kejutan dengan menghadirkan skuter matik Yamaha All New NMax yang dilengkapi dengan fitur konektivitas.

All New Nmax 155 mempunyai dua versi yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax 155 Standard.

Versi Nmax terkoneksi memungkinkan pengguna terhubung dengan sepeda motor melalui ponsel yang dikoneksikan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Selain produsen asal Jepang, produsen motor asal Italia, Lambretta pada April meluncurkan Lambretta V-Special yang memiliki desain frame tubular dan posisi mesin yang selaras dengan sasis. Mesin diletakkan di bagian tengah untuk menjaga kestabilan skuter.

Lambretta seri ini memiliki desain body yang khas, yaitu sedikit kotak didukung dengan Iampu LED heksagonal. Lambretta V-Special mempertahankan desain velg yang ikonik khas skuter asal Italia.

Selain Lambretta, sepeda motor merek Italia Vespa juga meluncurkan Vespa GTS Super 150 dengan memasang sejumlah komponen baru.

Vespa GTS sebelumnya menggunakan lampu jenis bohlam, maka untuk versi penyegaran kali ini Piaggio menggantinya dengan light emitting diode (LED) untuk bagian depan maupun belakang.

Selain itu, tampilan seri yang termasuk ke dalam Vespa big body family tersebut juga semakin segar dengan dipasangnya tiga sirip chrome pada bagian horn cover dan dua pelek 12 inci berwarna hitam glossy.

Dari produsen motor asa Cina, Kymco meluncurkan Kymco Like 150i. PT Smart Motor Indonesia (SMI), distributor Kymco di Indonesia mengumumkan harga skutik Like 150i pada pameran International Indonesia Motor Show (IIMS) 2019.

Kendaraan bermodel klasik dengan dimensi ringkas 1935mm x 690mm x 1145 mm itu dibanderol Rp28,8 juta (OTR) Jakarta. Dengan harga di bawah Rp30 juta, kendaraan itu lebih terjangkau dibandingkan dua pesaingnya, yakni Lambretta dan Vespa, dengan harga di atas Rp 40 juta.


Baca juga artikel terkait SKUTER MATIK atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight