Skuat Bayangan Senegal di Piala Dunia 2018 Penuh 'Bintang Asing'

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Senegal membawa 23 pemain ke Piala Dunia 2018 yang seluruhnya berlaga di luar negeri.
tirto.id - Skuat bayangan Senegal di Piala Dunia 2018 tidak melibatkan satu saja pemain dari liga lokal. Pelatih Aliou Cissé menyetorkan 23 nama yang seluruhnya berlaga di luar negeri, termasuk Sadio Mane (Liverpool) dan Kalidou Koulibaly (Napoli) yang menjadi bintang utama.

Senegal hanya pernah sekali lolos ke Piala Dunia sebelum Rusia 2018. Singa Teranga melakukannya di Korea Selatan-Jepang 2002. Kala itu generasi emas Senegal yang berisi pemain macam El Hadji Diouf hingga Aliou Cisse terhenti di perempat final. Mereka dihentikan oleh Turki, yang di turnamen tersebut menjadi juara ketiga.

Kini, Senegal menggunakan skuat bertabur bintang terutama di lini depan. Ada Sadio Mane,yang membentuk trisula bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah di Liverpool. Mane turut mengantarkan The Reds ke final Liga Champions 2018.

Memang, pemain berusia 26 tahun tidak memiliki Firmino dan Salah di dalam tim. Namun, ada Moussa Sow, penyerang Bursaspor berusia 32 tahun yang sudah berlaga 50 kali untuk timnas Senegal. Selain itu, masih ada Mame Biram Diouf (Stoke City) yang tidak kalah berpengalaman.

Keita Balde, bomber Monaco kelahiran 1995 juga masuk dalam skuat. Musim ini dia mencetak delapan gol di Liga Prancis. Diafra Sakho yang 'melarikan diri' dari West Ham United ke Rennes lantas menemukan kebangkitan, juga bakal berharap menemukan performa terbaik di Piala Dunia 2018.

Namun, Senegal tidak hanya andal di depan. Mereka memiliki kapten Cheikhou Kouyate di tengah dan bek Kalidou Koulibaly yang mengantar Napoli menjadi runner-up Liga Italia. Catatan Senegal yang hanya kebobolan lima kali dalam delapan partai sepanjang kualifikasi Piala Dunia zona Afrika menunjukkan kualitas barisan gelandang dan belakang mereka.

Berikut ini daftar pemain dalam skuat sementara Senegal di Piala Dunia 2018.

Kiper: Abdoulaye Diallo (Rennes, Prancis), Alfred Gomis (SPAL, Italia), Khadim Ndiaye (Horoya, Guinea);

Bek: Lamine Gassama (Alanyaspor, Turki), Saliou Ciss (Valenciennes, Prancis), Kalidou Koulibaly (Napoli, Italia), Kara Mbodii (Anderlecht, Belgia), Youssouf Sabaly (Bordeaux, Prancis), Salif Sane (Hannover, Jerman), Moussa Wague (Eupen, Belgia);

Gelandang: Idrissa Gueye (Everton, Inggris), Cheikhou Kouyate (West Ham United, Inggris), Alfred Ndiaye (Wolverhampton Wanderers, Inggris), Badou Ndiaye (Stoke City, Inggris), Cheikh Ndoye (Birmingham City, Inggris), Ismaila Sarr ( Rennes, Prancis);

Penyerang: Keita Balde (Monaco, Prancis), Mame Biram Diouf (Stoke City, Inggris), Moussa Konate (Amiens, Prancis), Sadio Mane (Liverpool, Inggris), Mbaye Niang (Torino, Italia), Diafra Sakho (Rennes, Prancis), Moussa Sow (Bursaspor, Turki).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
a