Liga Italia Serie A

Skuad Juventus 2021 & Formasi Terbaru Allegri: Duet Ronaldo-Dybala

Oleh: Rofi Ali Majid - 17 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Juventus belum mendatangkan pemain baru. Bagaimana formasi Bianconeri musim 2021/2022? Temukan skuad terbaru dan racikan strategi Allegri di sini.
tirto.id - Jelang bergulirnya Liga Italia Serie A 2021/2022, Juventus menunjuk Massimiliano Allegri sebagai pelatih kepala. Di bawah kepemimpinannya, Bianconeri belum mendatangkan pemain baru. Beberapa pemain juga dilepas baik karena habis kontrak maupun dipinjamkan ke klub lain. Bagaimana Allegri akan meracik Juventus musim ini?

Kembalinya Allegri membuka peluang bagi Paulo Dybala untuk mendapatkan tempat di tim utama. Beberapa musim terakhir, terutama saat Juventus dilatih oleh Andrea Pirlo, pemain asal Argentina itu sedikit terabaikan.

Musim lalu, Dybala hanya turun dalam 20 laga Serie A, 5 laga UCL, dan 1 laga Copa Italia. Dalam kesempatan itu, ia hanya menyumbangkan 5 gol selama semusim. Kondisi tersebut merupakan penurunan performa, jika kita bandingkan dengan catatan gol Dybala pada musim-musim sebelumnya.

Dybala bergabung ke Juventus pada 2015 dan langsung nyetel dengan torehan 23 gol, lalu secara berturut-turut menyumbangkan 19 gol (2016), 26 gol (2017), 10 gol (2018), dan 17 gol (2019).

Allegri tampaknya masih berharap besar pada sosok Dybala. Keduanya pernah bersama di Juventus saat Allegri menukangi klub Turin tersebut sejak 2014 hingga 2019. Di bawah kepemimpinan Allegri, saat itu Juventus selalu memenangkan scudetto.

"Dybala sangat fit, baik dari segi fisik dan mental. Dia adalah pemain yang bisa mencetak gol, bahkan 20 atau 25 setiap musim," terang Allegri, dikutip Football Italia.

Menilik beberapa laga pramusim yang telah dilalui, Allegri tampaknya punya opsi untuk menaruh Dybala sebagai trio penyerang bersama Cristiano Ronaldo dan Federico Chiesa. Ia menerapkan formasi tersebut saat Juventus melakukan uji tanding melawan Atalanta dengan formasi 4-3-3. Dalam laga itu, Bianconeri menang 3-1 dan Dybala menyumbangkan 1 gol.


Selain 4-3-3, Allegri juga sempat mencoba formasi 4-4-2 saat uji coba melawan Barcelona. Dalam laga itu Dybala tak diturunkan karena sempat cedera. Sebagai gantinya, ujung tombak diisi oleh duet Ronaldo dan Alvaro Morata. Namun, formasi tersebut belum terbukti efektif, Juventus kalah 3-0 dalam laga itu.

Selain berharap pada Dybala, dalam konferensi pers jelang bergulirnya Serie A, Allegri mengaku kalau ia berharap besar pada Ronaldo. Sosok CR7 bukanlah pemain yang asing bagi sang pelatih. Keduanya pernah satu tim saat Allegri menukangi Real Madrid.

"Ronaldo adalah pemain hebat dan orang yang cerdas. Saya mengatakan bahwa ini adalah musim yang penting dan bahwa saya senang bertemu dengannya lagi," terang Allegri.

"Sekarang dia memiliki lebih banyak tanggung jawab, karena tiga tahun lalu kami memiliki tim yang lebih berpengalaman, sementara sekarang ada pemain muda," jelas sang pelatih.

Selain kedua pemain tersebut, Allegri juga masih punya banyak pemain yang bisa diandalkan, sebab banyak pemain Juventus yang bergabung timnas Italia dan membawa pulang Piala EURO 2020 lalu. Beberapa pemain tersebut diantaranya Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Federico Bernardeschi dan Federico Chiesa.


Skuad Juventus 2021/2022

Kiper: Wojciech Szczęsny, Carlo Pinsoglio, Mattia Perin.

Bek: Mattia De Sciglio, Giorgio Chiellini (Kapten), Matthijs de Ligt, Danilo, Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Daniele Rugani, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Hans Nicolussi, Dejan Kulusevski.

Gelandang: Arthur, Aaron Ramsey, Weston McKennie, Luca Pellegrini, Federico Bernardeschi, Federico Chiesa.

Penyerang: Cristiano Ronaldo, Álvaro Morata, Paulo Dybala.

Pemain yang dipinjamkan ke klub lain: Merih Demiral (Atalanta).

Pemain yang dilepas: Gianluigi Buffon (pindah ke Parma).

Prediksi formasi Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Alex Sandro, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado; Federico Bernardeschi, Aaron Ramsey, Rodrigo Bentancur; Cristiano Ronaldo, Federico Chiesa, Paulo Dybala.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Ibnu Azis
DarkLight