Skuad Argentina di Copa America 2021, Daftar Pemain, & Jadwal

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof, tirto.id - 10 Jun 2021 14:47 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar pemain Timnas Argentina di Copa America 2021 diisi oleh Lionel Messi, Sergio Aguero, Lautaro Martinez, Angel Correa, dan lain sebagainya.
tirto.id - Skuad Tim Nasional (Timnas) Argentina di ajang Copa America 2021 berisikan daftar pemain yang hampir sama dengan pasukan Albiceleste dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Akan tetapi, dari 33 pemain yang dipanggil Lionel Scaloni hanya 28 orang yang bisa didaftarkan ke turnamen akbar di Amerika Selatan itu.

Selanjutnya, dari 28 pemain tersebut akan disaring lagi menjadi 23 nama saja yang ikut di setiap laga. Sementara 5 pemain sisanya masih bisa berharap masuk daftar 23 nama untuk pertandingan berikutnya.

Dalam ajang Copa America kali ini skuad berjuluk Tim Tango itu tergabung dalam grup B bersama Chile, Uruguay, Bolivia, dan Paraguay. Lionel Messi dan kawan-kawan dijadwalkan akan melakoni laga perdana pada 14 Juni mendatang. Argentina bakal bersua tim yang menyingkirkannya di final Copa America 2015 silam, Cile.

Beban berat harus dipikul oleh pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni. Pasalnya, Albiceleste sudah puasa gelar selama lebih dari 2 dekade. Dalam periode tersebut, Tim Tango sering kali terjegal di partai puncak, yakni pada edisi 2004, 2007, dan 2015.


Sementara di Copa America, Argentina bahkan sudah hampir 3 dekade tidak memegang trofi. Kali terakhir Argentina menjadi juara Copa America adalah pada edisi 1993. Kala itu, Argentina berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1.

"Copa América sangat sulit, seperti Piala Dunia. Anda tidak bisa pergi ke lapangan dengan berpikir bahwa Anda belum pernah memenangkan gelar selama bertahun-tahun. Jika memikirkan itu, Anda tidak bisa melakukan yang terbaik," kata Scaloni, dikutip dari web resmi AFA.

"Yang terbaik, mengetahui apa yang harus dilakukan di lapangan, bahwa ada rencana permainan, bahwa ada rekan kerja yang akan mendukung dan mencoba melakukan yang terbaik yang mereka bisa," dia menambahkan.

Daftar Pemain Argentina di Copa America 2021

Lionel Messi kemungkinan besar akan tetap menjadi andalan lini depan Tim Tango di Copa America 2021. Selain itu, Messi tentu masih berambisi merengkuh gelar Internasional bareng Albiceleste. Di level klub maupun individu, gelar Messi memang bergelimang. Namun, kontribusi La Pulga di level timnas masih dipertanyakan.

"Saya pikir, di Copa América terakhir kami meninggalkan citra yang baik, tapi jelas kami tidak bisa bertahan dengan itu, dan kami ingin terus berkembang," ungkap Messi.

Tidak hanya Messi yang diharapkan dapat berkontribusi besar dalam ajang terbesar Amerika latin ini. Nama-nama seperti Sergio Aguero, Lautaro Martinez, Angel Correa juga dipanggil pelatih Lionel Scaloni untuk mengantarkan Argentina menjadi juara.


Untuk menunjang lini serang, pelatih termuda di ajang Copa America ini juga mengandalkan lini tengah kreatif. Sebut saja seperti Angel Di Maria, Lucas Ocampos, Joaquin Correa, hingga Leandro Paredes.

Sementara lini belakang Tim Tango akan dikomandoi oleh Juan Foyth, pemain yang mampu meraih gelar Europa League bersama Villarreal. Selain Foyth, ada juga nama-nama lain seperti, Jose Luis Palomino, Gonzalo Montiel, Cristian Romero, hingga bek senior Nicolas Otamendi.

Sementara itu, di posisi penjaga gawang Argentina punya kiper terbaik ketiga Liga Inggris musim lalu, Emiliano Martinez. Kiper Aston Villa tersebut berhasil mencatat 15 kali cleansheet selama satu musim terakhir.

Daftar Pemain Timnas Argentina

Kiper
Franco Armani (River Plate), Agustin Marchesin (Porto), Juan Musso (Udinese), Emiliano Martinez (Aston Villa).

Bek
Nicolas Otamendi (Benfica), Nicolas Tagliafico (Ajax), German Pezzella (Fiorentina), Juan Foyth (Villarreal), Gonzalo Montiel (River Plate), Lucas Martinez Quarta (Fiorentina), Lisandro Martinez (Ajax), Nahuel Molina (Udinese), Jose Luis Palomino (Atalanta), Cristian Romero (Atalanta).

Gelandang
Angel Di Maria (PSG), Marcos Acuna (Sevilla), Leandro Paredes (PSG), Giovani Lo Celso (Tottenham Hotspur), Rodrigo De Paul (Udinese), Guido Rodriguez (Real Betis), Nicolas Dominguez (Bologna), Lucas Ocampos (Sevilla), Exequiel Palacios (Bayer Leverkusen), Joaquin Correa (Lazio), Emiliano Buendia (Norwich City).

Striker
Lionel Messi (Barcelona), Sergio Aguero (Manchester City), Lautaro Martinez (Inter), Angel Correa (Atletico Madrid), Lucas Alario (Bayer Leverkusen), Nicolas Gonzalez (Stuttgart), Alejandro Gomez (Sevilla), Julian Alvarez (River Plate).

Jadwal Timnas Argentina di Copa America 2021

Berikut ini jadwal pertandingan Timnas Argentina di Grup B Copa America 2021.

Matchday 1
Senin, 14 Juni 2021
Pukul 04.00 WIB: Argentina vs Chile

Matchday 2
Jumat, 18 Juni 2021
Pukul 07.00 WIB: Argentina vs Uruguay

Matchday 3
Senin, 21 Juni 2021
Pukul 06.00 WIB: Argentina vs Paraguay

Matchday 4
Senin, 28 Juni 2021
Pukul 04.00 WIB: Argentina vs Bolivia.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Addi M Idhom

DarkLight