SKB CPNS Kemlu 2021: Jadwal Tes Bahasa, Tes Psikis, & Aturan Ujian

Oleh: Yonada Nancy - 20 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tes kesehatan psikis dan tes kemampuan bahasa asing SKB CPNS Kemlu akan mulai diselenggarakan pada Senin (22/11/2021).
tirto.id - Ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk penerimaan CPNS di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan dimulai pada Senin (22/11/2021). Terdapat dua jadwal yang telah dirilis oleh panitia seleksi CPNS Kemlu, yaitu jadwal untuk tes kesehatan psikis dan tes kemampuan bahasa asing.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) dan berhak mengikuti SKB dapat melihat jadwal dan lokasi ujiannya di e-cpns.kemlu.go.id atau link berikut:

Download Jadwal SKB Tes Kesehatan Psikis PDF

Download Jadwal SKB Tes Kemampuan Bahasa Asing PDF

Dari 5.854 peserta yang mengikuti ujian SKD CPNS Kemlu 2021, terdapat 967 peserta yang lulus seleksi dan berhak mengikuti SKB. Seluruh peserta yang dinyatakan lulus SKD dan berhak mengikuti SKB akan mengikuti empat tahapan tes.

Keempat tes tersebut termasuk tes kesehatan fisik dan psikis, tes substansi jabatan berbasis computer assisted test (CAT), tes kemampuan bahasa asing, dan wawancara. Merujuk Pengumuman Nomor: 00028/KP/11/2021/03 keempat tahap tes SKB CPNS Kemlu akan berlangsung antara 17 November hingga 18 Desember 2021.

Aturan Ujian SKB Tes Kesehatan Psikis CPNS Kemlu 2021


Tes kesehatan psikis akan diselenggarakan mulai Senin sampai Jumat tanggal 22 hingga 26 November 2021. Berdasarkan Pengumuman Nomor: 00143/KP/11/2021/24, tes kesehatan psikis akan dilaksanakan secara online dari tempat tinggal atau lokasi peserta.

Masing-masing peserta akan menerima panduan teknis dan tautan pendaftaran tes psikis melalui surat elektronik (surel) pada tanggal 18 hingga 20 November 2021. Pastikan untuk menerima panduan teknis dan tautan di tanggal tersebut.

Apabila peserta belum menerima surel panduan teknis hingga tanggal 20 November, maka peserta wajib menghubungi panitia pelaksana melalui email informasicpns@kemlu.go.id dan kemlu@experd.com dengan mencantumkan nama lengkap, nomor peserta, dan nomor KTP atau NIK.

Sebelum peserta mengikuti tes kesehatan psikis, peserta diwajibkan menunjukkan dua dokumen pada panitia seleksi, yaitu:
    • Kartu peserta ujian yang dicetak melalui sscasn.bkn.go.id menggunakan akun masing-masing
    • KTP elektronik asli, KTP asli yang masih berlaku, surat keterangan pengganti KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK) asli, atau salinan KK yang dilegalisir basah oleh pejabat berwenang.

Aturan Ujian SKB Tes Kemampuan Bahasa Asing CPNS Kemlu 2021


Tes kemampuan bahasa asing wajib diikuti oleh seluruh peserta yang melamar pada jabatan fungsional diplomat, penata kanselerai, dan pranata informasi diplomatik.

Sama dengan kegiatan tes psikis, tes kemampuan bahasa asing juga akan diselenggarakan secara online pada Selasa dan Rabu tanggal 23 dan 24 November 2021.

Namun, sebelum tes berlangsung, peserta wajib mengikuti readiness check pada 21 hingga 22 November 2021. Tautan untuk readiness check akan disampaikan ke email masing-masing peserta sesuai dengan yang terdaftar di SSCASN

Terdapat tujuh kelompok bahasa asing yang akan diujikan pada setiap peserta, termasuk bahasa Arab, Cina, Inggris, Jepang, Korea, Rusia, dan Spanyol. Ketujuh kelompok tes bahasa asing tersebut disesuaikan dengan kualifikasi masing-masing peserta.

Tidak jauh berbeda dengan tes kesehatan psikis, peserta tes kemampuan bahasa asing diwajibkan menunjukkan dua dokumen pada panitia seleksi, yaitu:

    • Kartu peserta ujian yang dicetak melalui sscasn.bkn.go.id menggunakan akun masing-masing
    • KTP elektronik asli, KTP asli yang masih berlaku, surat keterangan pengganti KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK) asli, atau salinan KK yang dilegalisir basah oleh pejabat berwenang.

    Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
    (tirto.id - Sosial Budaya)

    Penulis: Yonada Nancy
    Penyelia: Addi M Idhom
    DarkLight