Situs WALHI Diretas, Tampilan dan Nomor Rekening Donasi Berubah

Oleh: Alfian Putra Abdi - 14 Oktober 2020
Pihak WALHI baru menyadari saat akan membuka acara siaran 40 jam dalam rangka hari jadi ke-40 pada pukul 12.00, Rabu (14/10/2020).
tirto.id - Laman website Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) diretas pihak tidak dikenal. Peretas mengubah tampilan laman dan nomor rekening donasi.

Manajer Kampanye Keadilan Iklim Eksekutif Nasional WALHI Yuyun Harmono tidak menjelaskan waktu peretasan bermula. Ia baru menyadari saat akan membuka acara siaran 40 jam dalam rangka hari jadi WALHI ke-40 pada pukul 12.00, Rabu (14/10/2020).

“Halaman donasi berubah, mencantumkan nomor rekening seseorang di BCA yang bukan nomor rekening WALHI. Lalu kami takedown lamannya," kata Yuyun saat dikonfirmasi reporter Tirto, Rabu (14/10/2020).

Dalam rangka hari jadi, WALHI mengadakan diskusi Omnibus Law dan dampaknya; serta isu lingkungan lainnya dengan mengajak delegasi masyarakat sipil, selama setiap hari sejak 10 Oktober 2020.

Perihal peretasan tersebut, Yuyun mengaku masih mendiskusikan secara internal untuk tindakan selanjutnya. Ia belum mengetahui secara pasti motif dari peretasan ini.

“Kami belum tahu motifnya apa,” kata dia.






Baca juga artikel terkait PERETASAN SITUS atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight