Situasi KPU Selasa Sore: Penuh Aparat, Tak Ada Demonstran

Oleh: Mohammad Bernie - 21 Mei 2019
KPU steril pada Selasa (21/5/2019) sore. Tak ada demonstrasi meski sebelumnya tempat ini diprediksi akan dipenuhi demonstran.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umun (KPU) telah merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari tadi. Setelah pengumuman tersebut, kondisi di sekitar Kantor KPU terpantau lengang meski beberapa hari sebelumnya diprediksi tempat ini akan jadi lokasi demonstrasi.

Pada Selasa sekitar pukul 3 sore, Jalan Imam Bonjol dari arah Salemba masih ditutup dengan kawat berduri. Di balik kawat berduri terdapat puluhan petugas kepolisian yang berjaga, satu unit Barracuda, dan dua unit water cannon.

Berjalan mendekati gedung KPU, kondisi steril. Hanya terdapat beberapa petugas Brimob yang bersiaga dan perlengkapan keamanan yang terbaris di beberapa lokasi di sepanjang jalan Imam Bonjol.

Mendekati Bundaran HI terdapat belasan truk pengangkut personel keamanan, serta beberapa mobil boks pengangkut perlengakapan keamanan.

Saat ini satu-satunya akses menuju KPU hanya melalui Bundaran HI. Namun di sana pun terdapat sejumlah petugas yang berjaga. Hanya aparat keamanan, pegawai KPU, TNI, dan wartawan yang diperkenankan masuk.

Sementara kondisi lalu lintas dari arah Kuningan menuju Menteng maupun sebaliknya terpantau padat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019) di Kantor KPU. Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, menang.

Berdasar data resmi KPU yang disampaikan Komisioner KPU RI, Evi Novida, total suara yang diperoleh pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 85.607.362 atau 55,50 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen dengan selisih 16.957.123 suara. Jumlah suara sah yang dihitung KPU adalah 154.257.601.


Baca juga artikel terkait AKSI 22 MEI atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Rio Apinino