Situasi Bawaslu Terkini Masih Sepi

Oleh: Riyan Setiawan - 24 Mei 2019
Berdasarkan pantauan Tirto sekitar pukul 14:25 WIB, belum ada massa yang melakukan unjuk rasa di depan Bawaslu. Hanya terdapat beberapa orang saja yang berkumpul secara terpencar, dan jumlahnya hanya sekitar puluhan orang.
tirto.id -
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan terdapat organisasi masyarakat (ormas) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pribumi Bersatu yang akan melakukan aksi unjuk rasa di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hari ini, setelah salat Jumat.

Massa yang hadir, kata Dedi, diperkirakan sebanyak 100 orang.

"Hari ini yang sudah memberitahukan hanya satu elemen tersebut [DPP Pribumi Bersatu]. Masa sekitar 100 orang," kata Dedi kepada Tirto, Jumat (24/5/2019).

Namun, berdasarkan pantauan Tirto sekitar pukul 14:25 WIB, belum ada massa yang melakukan unjuk rasa di depan Bawaslu.

Hanya terdapat beberapa orang saja yang berkumpul secara terpencar, dan jumlahnya hanya sekitar puluhan orang.

Saat ini, mereka juga tengah melakukan aktivitas lain, seperti foto-foto di sekitar area Bawaslu dan berbincang-bincang dengan rekan massa aksi lainnya.

Sementara, terlihat di depan Bawaslu masih berjengger kawat duri dan penghalang beton untuk memblokade area sekitaran Bawaslu. Kemudian tameng polisi juga terlihat menutup beberapa akses jalan menuju ke Bawaslu.

Sehingga tidak ada kendaraan yang bisa lewat jalur sekitaran Bawaslu kecuali sepeda yang tengah berjualan minuman ringan.

Sedangkan pasukan Brimob, terlihat tengah beristirahat dan berbincang dengan rekan-rekannya sambil menunggu massa aksi hadir.

Berdasarkan surat ijin melakukan unjuk rasa dari DPP Pribumi Bersatu yang diterima Tirto dari polisi, terdapat beberapa nama yang menjadi panitia aksi.

Beberapa nama tersebut antara lain Ketua Aksi Askan Naim, Wakil Ketua Srie Mulyaningsih dan Y Nasution, Sekretaris Deny Cahyono, Wakil Sekretaris Safruddin Asaf, Koordinator Lapangan Ihmar Hude dan Hasri Harahap, Seksi Logistik Enggar dan Haryono, dan Seksi publikasi tim medsos center pribumi bersatu.





Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari