Sinopsis Titanic yang Tayang Hari Ini Pukul 21:30 WIB di Global TV

Oleh: Arinta Wijaya Murti - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Titanic, kisah cinta Jack dan Rose yang akan tayang malam ini pukul 21:30 WIB di Global TV.
tirto.id - Kisah Rose dan Jack dalam film Titanic akan tayang di Global TV Jumat (23/8/2019) malam ini pukul 21.30 WIB.

Rose (Kate Winslet) hadir mengisahkan kembali hari-hari terbaik yang pernah terjadi di atas Kapal RMS Titanic pada 1912 yang berujung pilu.

Bercerita tentang Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) yang masih berusia 17 tahun menaiki RMS Titanic dari Southampton menuju New York bersama ibunya, Ruth DeWitt Bukater (Frances Fisher), dan tunangannya, Caledon Nathan Hockley (Billy Zane), seorang pengusaha sukses di bidang industri.

Rose tidak mencintai Cal, tetapi ibunya memaksanya untuk menikahinya karena masalah keuangan dan kehormatan keluarga.

Saat kapal sedang berlayar, Rose yang tidak mau dijodohkan berencana melakukan bunuh diri.

Namun ada seorang pria bernama Jack (Leonardo DiCaprio) yang mencegahnya. Sejak saat itu, Rose dan Jack menjadi akrab dan saling mencintai.

Jack adalah seorang pelukis. Dia mendapat kesempatan menaiki kapal Titanic setelah menang judi poker sebelumnya.

Kisah cinta Rose dan Jack semakin bersemi. Sampai suatu ketika mereka menghadapi masalah yang sangat besar ketika Jack mulai dijebak oleh Cal yang cemburu.

Kisah tragis bermula ketika sisi kanan Kapal Titanic menabrak bongkahan es di laut. Kapal mulai tenggelam perlahan.

Rose sebenarnya bisa langsung menyelamatkan diri menaiki sekoci bersama ibunya, namun ia memilih untuk menyelamatkan Jack yang saat itu di borgol di dek bawah karena rencana Cal.

Jack dan Rose akhirnya menceburkan diri ke laut bersama penumpang lainnya. Rose selamat karena menaiki sebuah papan, namun jack meninggal karena hipotermia di laut.

Rose yang berhasil selamat akhirnya hidup menua bersama kenangannya akan Jack yang dicintainya.

Film karya sutradara serta penulis James Cameron ini tayang perdana pada 19 Desember 1997 dengan durasi 194 menit.

James adalah seorang sutradara berkebangsaan Kanada yang memenangkan nominasi Academy Award.

Dia dilahirkan di Kapuskasing, Ontario, 16 Agustus 1954. Dia mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1978.

Selain Titanic, James juga pernah menyutradarai film True Lies (1994), Avatar (2009), dan Terminator 2: Judgment Day (2017). Dia juga merupakan penulis naskah Alitta: Batle Angel (2019).

James menyutradarai film ini dengan sangat apik. Tak heran bila banyak orang memuji Cameron terutama penggunaan visual-effect yang baik dan rapi pada saat itu. Dramatisasi yang digarap Cameron juga mendukung film ini.

Dikutip dari The Hollywood Reporters, pengerjaan efek visual Titanic terlampau canggih. Penghargaan tertinggi diberikan untuk pengawas efek visual, Rob Legato dan koordinator special effect, Thomas L. Penggambaran visual ini luar biasa, terutama saat menunjukkan pecahnya kapal yang tak terduga.

Film keluaran Paramount Pictures ini dibintangi oleh artis-artis kenamaan yang dipercaya memerankan tokoh kisah legendaris ini.

Mereka antara lain Kate Winslet sebagai Rose, Leonardo DiCaprio Sebagai Jack, Frances Fisher sebagai Ruth DeWitt ibu Rose, dan Billy Zane sebagai Cal tunangan Rose yang tidak dicintainya.

Box Office Mojo mencatat, Titanic merupakan film dengan pendapatan tertinggi ketiga setelah Avengers Endgame di posisi pertama, dan Avatar di posisi kedua.

Selama penayangannya di tahun 1997, film ini mendapat lebih dari 2,1 miliar dolar AS. Sejumlah 1,5 miliar dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional, melansir Box Office Mojo

Film legendaris ini juga telah memenangkan penghargaan bergengsi, salah satunya dalam Oscar 1998, Titanic memenangkan 11 penghargaan, di antaranya dalam kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Cinematographi Terbaik, Kostum Terbaik dan lainnya.

Untuk rating, situs Rotten Tomatoes memberi skor 89 persen. Sedangkan situs IMDb memberi skor 7,8 dari 10.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Arinta Wijaya Murti
(tirto.id - Film)

Kontributor: Arinta Wijaya Murti
Penulis: Arinta Wijaya Murti
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight