Sinopsis The Kite Runner : Persahabatan di Tengah Perang Afganistan

Oleh: Fatimatuzzahro - 7 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
The Kite Runner berkisah tentang persahabatan Amir dan Hassan yang terjalin di tengah perang antara Uni Soviet dan Afganistan.
tirto.id - The Kite Runner adalah film karya sineas Jerman, Marc Foster yang diproduksi pada tahun 2007. Film bergenre drama ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Afganistan, Khaled Hosseini.

Film berdurasi 128 menit ini berhasil mendapat banyak penghargaan.

Salah satu kemenangannya diraih dalam ajang Christopher Awards 2008 kategori Feature Film. Selain itu, film ini juga masuk nominasi Best Foreign Language Film pada Golden Globes 2008.

Dilansir dari Box office Mojo, film yang dibintangi oleh Khalid Abdalla, Zekeria Ebrahimi, dan Ahmad Khan Mahmoodzada ini memperoleh keuntungan sebanyak $75,011,029 dari penayangan global.

Di situs IMDb, The Kite Runner mendapat rating sebesar 7,6/10 dari 77.779 penilai. Sedangkan Rotten Tomatoes memberi nilai 65 persen tomatometer dan 84 persen dari penonton.

Sinopsis Film The Kite Runner


Berlatar di tahun 1970-an, The Kite Runner berkisah tentang persahabatan Amir dan Hassan yang terjalin di tengah perang antara Uni Soviet dan Afganistan.

Amir adalah anak keluarga kaya dari suku Pushtun, suku mayoritas yang terhormat sedangkan Hassan adalah anak Ali, pembantu di rumah Amir yang berasal dari suku Hazara, suku minoritas yang dianggap rendah di Afganistan.

Amir hanya tinggal berdua dengan Baba, ayahnya yang merupakan seorang tokoh masyarakat. Sementara itu, Ibu Amir telah meninggal ketika melahirkannya.

Kematian ibunya membuat Amir menjadi pribadi tertutup dan pendiam. Amir juga pasrah saat mendapat perundungan dari tetangganya.

Hassan berperan selaku penyelamat Amir saat ia ditindas orang-orang. Ia sangat menyayangi Amir dan akan melakukan apa pun untuk membahagiakan sahabatnya.

Suatu hari, Amir menang dalam perlombaan layang-layang. Hasan ingin menghadiahkan layangan lawan Amir. Namun, ia dihadang dan disodomi sekelompok orang yang dipimpin oleh tetangganya, Assef.

Amir tak sengaja melihat kejadian tersebut tapi ia berpura-pura tak tahu apa pun. Sifatnya yang penakut menahannya untuk menyelamatkan Hassan.

Amir perlahan menjauhi Hassan. Ia khawatir keberadannya semakin menjadi beban bagi Hassan. Walau demikian, Hassan masih menemani Amir dan menjadi sahabatnya.

Saat terjadi invasi besar-besaran dari Uni Soviet, Baba dan Amir memutuskan pergi ke Amerika Serikat untuk tinggal di tempat yang lebih aman. Sementara itu, Hassan tetap di Afganistan sebagai penjaga rumah Amir.

Selama puluhan tahun hidup di Amerika Serikat, Amir tak pernah berhubungan lagi dengan Hassan.

Suatu hari, Amir menerima telepon dari pamannya, Rahim yang meminta Amir untuk mengunjungi rumahnya di Pakistan.

Sesampainya di sana, Amir diberitahu oleh Rahim bahwa Hassan adalah saudara tirinya. Hal itu membuat Amir ingin menemui Hassan.

Ternyata, Hassan telah meninggal dan hanya meninggalkan surat untuk Amir. Dalam suratnya, Hassan meminta Amir untuk membawa anaknya Sohrab ke Amerika karena keadaan Afganistan yang tak kondusif akibat pendudukan Taliban.

Taliban adalah kelompok islam radikal yang kerap melakukan tindak kekerasan guna menguasai Afganistan. Sayangnya, Sohrab ditawan oleh Assef yang kini telah menjadi anggota Kelompok Taliban.

Apakah Amir dapat menyelamatkan anak Hassan dan membawanya ke Amerika? Simak kelanjutannya dalam The Kite Runner.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS THE KITE RUNNER atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
(tirto.id - Film)

Penulis: Fatimatuzzahro
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight