Sinopsis The Divergent Series Allegiant: Tris, Four, & Dunia Lain

Oleh: Yulaika Ramadhani - 28 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis The Divergent Series: Allegiant yang akan tayang di stasiun televisi Trans TV pada Jumat (28/2/2020) pukul 21.00 WIB.
tirto.id - The Divergent Series: Allegiant dijadwalkan akan tayang di stasiun televisi Trans TV pada Jumat (28/2/2020) pukul 21.00 WIB.

The Divergent Series: Allegiant merupakan salah satu waralaba dari film Divergent. Divergent merupakan film adaptasi novel dengan judul yang sama karya Veronica Roth. Sampai saat ini, film ini sudah memiliki tiga seri yaitu Divergent (2014), The Divergent Series: Insurgent (2015) danThe Divergent Series: Allegiant (2016).

Film karya sutradara Robert Schwentke serta penulis Noah Oppenheim, Adam Cooper, Bill Collage ini tayang perdana pada 18 Maret 2016. Berdurasi 120 menit, The Divergent Series: Allegiant berada dalam naungan studio produksi Lionsgate.

Allegiant bercerita perihal Tris dan Four yang berusaha keluar dari tembok kota dan memecahkan rahasia besar. Film ini merupakan seri ketiga The Divergent. Dua film sebelumnya bercerita tentang asal muasal kota Chicago yang terbagi menjadi lima faksi beserta konfliknya.

Film pertama berfokus pada latar belakang cerita. Setiap remaja yang menginjak umur 16 tahun harus memilih untuk masuk salah satu dari lima faksi yaitu Candor yang memiliki sifat jujur, Erudite yang memiliki sifat genius, Amity memiliki sifat suka damai, Dauntless memiliki sifat pemberani dan Abnegation yang memiliki sifat penolong tanpa pamrih.

Penggolongan seseorang memasuki sebuah faksi tergantung pada sifat yang menonjol pada dirinya. Bagi orang yang memiliki sifat lebih dari satu, maka tergolong dalam Divergent, golongan yang sering dimusuhi karena dianggap berbahaya.

Film kedua bercerita tentang para Divergent, Tris (Shailene Woodley) dan Four (Theo James), dalam menyelamatkan diri dari Jeanine Matthews (Kate Winslet) pimpinan faksi Erudite yang ingin membasminya. Pada film kedua juga, mereka membuka sebuah kotak rahasia yang hanya bisa dibuka oleh para Divergent.

Film ketiga ini bercerita tentang kenyataan bahwa ada dunia lain di luar kota mereka. Kota tersebut dikelilingi oleh tembok besar dan tinggi. Terbongkar fakta bahwa kehidupan mereka yang tergolong dalam lima faksi dan golongan Divergent merupakan sebuah eksperimen. Otak dari eksperimen merupakan orang-orang di luar tembok.

Divergent yang selalu disangka berbahaya justru sebuah bentuk keberhasilan eksperimen. Sejak mengetahui fakta tersebut, Tris dan Four berusaha melewati tembok. Mereka ingin melihat dan membuktikan kenyataan yang ada di luar tembok.

Tapi perjalanan Tris dan Four tidak akan mudah. Selain cara untuk melewati tembok yang berbahaya, di luar tembok mereka harus menghadapi dunia baru yang lebih berbahaya dari sebelumnya. Mereka akan diuji dalam hal ketahanan, keberanian, kesetiaan dan pengorbanan.

Belum lagi perselisihan antar faksi di dalam tembok yang masih menyeruak. Benar-benar bukan masalah yang gampang untuk dihadapi.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 179 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sejumlah 113 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 11 persen. Sementara penonton memberi skor 41 persen. Situs IMDb memberi skor 5,7 dari 10.

Selain itu, IMdb mencatatkan film ini mendapat beberapa penghargaan, di antaranya adalah penghargaan sebagai Top Box Office Films dalam ASCAP Film and Television Music Awards 2017.

Selain itu film ini juga berhasil meraih penghargaan dalam kategori Best Billboard yang diberikan Golden Trailer Awards pada tahun 2016.

Tak berhenti disitu sang pemeran utama yakni Shailene Woodley mendapatkan penghargaan atas kategori Choice Movie Actress: Action dalam penghargaan Teen Choice Awards tahun 2016.

Selain itu, film ini berhasil mendapatkan nominasi dalam berbagai penghargaan seperti berikut ini.
  • Nominasi Lionsgate dalam film Allegiant dalam kateogori Best Fantasy / Adventure Poster di penghargaan Golden Trailer Awards 2016.
  • Nominasi Linonsgate dalam film Allegiant dalam kategori Best International Poster di penghargaan Golden Trailer Awards 2016.
  • Nominasi Tove Lo dalam kategori Best Original Song - Sci-Fi/Fantasy Film dalam penghargaan Hollywood Music In Media Awards (HMMA) 2016.
  • Dalam Teen Choice Awards 2016 film ini banyak dinominasikan dalam berbagai kategori, diantaranya adalah Choice Movie: Action, Theo James sebagai Choice Movie Actor: Action, Shailene Woodley dan Theo James sebagai Choice Movie: Chemistry, Shailene Woodley dan Theo James dalam kategori Choice Movie: Liplock, serta nominasi Miles Teller dalam Choice Movie: Scene Stealer.
  • Tidak hanya pemeran utama Randy Beckman, Chad Bowman, Red Wagon Entertainment juga turut mendapatkan nominasi dalam kategori Best Stunt Rigging pada penghargaan World Stunt Awards 2017.
Meski tercatat di beberapa penghargaan bergengsi, film ini pernah masuk di nominasi Razzie Awards 2017. Razzie merupakan penghargaan yang diberikan sebagai pengakuan atas film-film terburuk di Amerika Serikat. Penghargaan ini pertama kali dicetuskan J.B. Wilson pada 1981.

Film ini mendapat nominasi dalam kategori Worst Actress untuk Naomi Watts dan Shailene Woodley dalam Razzie Awards.




Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight