Sinopsis The 5th Wave: Film Tentang Penyerbuan Alien ke Bumi

Oleh: Sirojul Khafid - 30 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis The 5th Wave berkisah tentang penyerbuan alien ke bumi untuk membasmi umat manusia. Bagaimana akhir dari kisah ini?
tirto.id - The 5th Wave, jika tidak terjadi perubahan jadwal akan tayang di stasiun televisi Trans TV pada Minggu (30/06/19) pukul 21.00 WIB.

Sinopsis:

Saat sedang bersekolah seperti hari-hari biasa, Cassie (Chloë Grace Moretz) perempuan berusia 16 tahun, melihat ada pesawat yang jatuh di dekat sekolahnya. Setelah itu terlihat benda misterius mirip UFO.

Tidak lama setelah itu, para alien muncul dan mulai membasmi para manusia. Pembasmian atau penyerangan terjadi dalam lima tahap. Tahap pertama mematikan semua perangkat elektronik dan kendaraan. Alien juga membunuh sebagian manusia yang perangkatnya rusak pada tahap pertama ini.

Tahap kedua alien membuat sebuah gelombang air besar yang menghantam daratan. Hal itu dilakukan alien untuk membasmi manusia yang berada di daratan.

Tahap ketiga menginfeksi manusia dengan virus. Alien menggunakan burung yang ada di Bumi. Burung-burung tersebut akan menjatuhkan kotoran yang mengandung virus. Virus akan menyebar dan membunuh manusia. Sesama manusia juga akan saling menginfeksi.

Tahap keempat, para manusia yang masih bertahan hidup dibawa oleh anggota militer ke sebuah penampungan. Para anak-anak dibawa ke camp, sementara para orang dewasa dibawa ke barak. Para penghuni barak kemudian dibunuh oleh pihak militer.

Dari kejadian itu Cassie menyadari bahwa tidak semua manusia adalah manusia yang sebenarnya.

Anak-anak yang sengaja diselamatkan kemudian didoktrin untuk membunuh para manusia yang bertahan. Inilah tahap kelima. Cassie dan mereka yang bertahan harus mencari cara agar selamat.

Bagaimana penilaian dari film ini?

Film karya sutradara J Blakeson serta penulis Susannah Grant, Akiva Goldsman dan Jeff Pinkner ini tayang perdana pada 22 Januari 2016. Berdurasi 112 menit, The 5th Wave berada dalam naungan studio produksi Sony Pictures.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 109 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sejumlah 74 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 15 persen terhadap film ini, sementara penonton memberi skor 38 persen. Catatan lain, situs IMDb memberi skor 5,2 dari 10.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Agung DH
DarkLight