Sinopsis Tembang Lingsir, Film Horor Baru yang Tayang 31 Januari

Oleh: Sirojul Khafid - 28 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Tembang Lingsir, film horor terbaru sutradara Rizal Mantovani yang akan tayang pada 31 Januari 2019
tirto.id - Tembang Lingsir, film horor terbaru sutradara Rizal Mantovani akan tayang pada 31 Januari 2019 di bioskop-bioskop Indonesia. Film ini merupakan hasil dari kerjasama Dee company dan Blue Water Films.

Tembang Lingsir bercerita tentang Mala (Marsha Aruan) yang sangat akrab dengan tembang Lingsir, tembang yang sering didengarkan dan diajarkan oleh ibunya sejak kecil. Menginjak umur ke 17 tahun, rumah Mala terbakar secara misterius dan menewaskan ibunya. Akibat kejadian tersebut, Mala juga kehilangan suaranya akibat luka bakar di daerah leher.

Setelah ibunya meninggal dan tidak punya siapa-siapa lagi, Mala tinggal di rumah pamannya, Om Gatot (Teuku Rifnu Wikana), dan istrinya, Tante Gladys (Meisya Siregar) bersama dua anak mereka, Daisy (Aisyah Aqilah) dan adiknya, Ronald.

Kedatangan Mala tidak disambut baik oleh Daisy, yang sebenarnya teman kecil Mala. Hal tersebut lantaran beda lingkungan yang cukup jauh, Daisy orang kota yang mengikuti tren, sementara Mala anak desa. Untungnya Ronald yang memang tidak akrab dengan kakanya menerima baik kedatangan Mala.

Sejak kedatangan Mala di rumah pamannya, kejadian aneh sering terjadi. Mulai dari penampakan sampai suara-suara aneh, termasuk suara Tembang Lingsir. Tentu hal yang paling mudah adalah menyalahkan Mala sebagai biang kerok munculnya hal-hal aneh, terutama oleh Mbok Rahma (Ida Zein), pengurus keperluan dalam rumah tersebut.

Mala merasa ada ketidakwajaran dengan rumah itu. Konflik tambah rumit saat Mala mengetahui bahwa dia punya saudara kembar fraternal (kembar tidak identik) yang tidak pernah dia kenal sebelumnya. Om Gatot sepertinya mempunyai rahasia besar atas kejadian-kejadian aneh yang terjadi di rumah. Ada satu perkara lagi, di situasi gangguan makhluk ghaib yang semakin liar, ada kemungkinan situasi bisa kembali tenang dengan kemampuan Mala untuk bernyanyi Tembang Lingsir.

Sebelum ibunya meninggal, Mala pernah diberitahu bahwa tembang Lingsir adalah kidung yang diciptakan untuk menghadapi situasi yang mengerikan atau angker dalam hidup kita. Tapi bukannya Mala sudah tidak bisa berbicara sejak kebakaran itu?

Sejak trailer diunggah di akun youtube official MD Pictures pada 10 Desember 2019, video tersebut telah tayang lebih dari 2.800.000 kali.


Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight